Jelang Mudik, 2 Stasiun di Jakarta Perketat Keamanan

Senin, 12 Juni 2017 - 14:43 WIB
Jelang Mudik, 2 Stasiun di Jakarta Perketat Keamanan
Jelang Mudik, 2 Stasiun di Jakarta Perketat Keamanan
A A A
JAKARTA - Memasuki H -14 mudik Hari Raya Idul Fitri, 2 stasiun di Jakarta Pasar Senen dan Gambir memperketat keamanan. Pemasangan metal detector hingga penyebaran k-9 dilakukan demi mengantisipasi teror.

Senior Manager Humas Daop 1 PT KAI, Suprapto mengatakan pengetatan keamanan dilakukan demi menghindari kejadian bom seperti di kawasan Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur beberapa waktu lalu.

"Terlebih di masa arus mudik kan banyak masyarakat. Intinya kita cuman berjaga aja, supaya tidak ada kejadian yang merugikan," ucap Suprapto ketika dihubungi Koran SINDO, Senin (12/6/2017).

Suprapto menyakini saat ini kondisi keamanan di 2 stasiun itu seperti hotel berbintang 5. Tiap kendaraan yang masuk dilakukan pemeriksaan, hingga ke penumpang menunggu di peron jalur kereta.

Menurut Suprapto, untuk memasuki akses itu, pihaknya melakukan pengamanan sangat ketat. Salah satunya dengan memperlihatkan tiket dan kartu identitas penumpang dan lolos dari alat metal detektor.

Pemasangan alat ini, lanjutnya, merupakan kali pertama di Stasiun Gambir dan Senen. Membludaknya penumpang di tempat itu, menjadikan KAI harus siaga menghindari ancaman teror yang terjadi. "Jadi nantinya yang bisa masuk harus yang lolos metal detektor," ucapnya.

Termasuk melakukan penyebaran anjing pelacak K-9, Suprapto mengatakan dalam beberapa jam terakhir pihaknya melakukan pengamanan dan penyebaran di setiap pojokan stasiun. Selain untuk melacak benda penumpang yang mencurigakan seperti bom dan narkoba.

Penyebaran anjing pelacak juga demi memberikan rasa aman. Hanya saja untuk penyebaran anjing pelacak ini, lanjut Suprapto, dilakukan secara tertutup agar penumpang tidak takut.

Selain itu, nantinya menghadapi H-10 memasuki lebaran. Daop 1 PT KAI juga akan mendapatkan bantuan 1.400 personel Brimob. Penempatan personel ini akan di sebar di beberapa titik stasiun dengan jumlah terbanyak di kawasan Stasiun Senen dan Stasiun Gambir.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4155 seconds (0.1#10.140)