Kemensos Akan Bantu Rehabilitasi Korban Pesta Seks Kaum Gay

Selasa, 23 Mei 2017 - 07:15 WIB
Kemensos Akan Bantu Rehabilitasi Korban Pesta Seks Kaum Gay
Kemensos Akan Bantu Rehabilitasi Korban Pesta Seks Kaum Gay
A A A
JAKARTA - Kementerian Sosial siap membantu rehabilitasi sosial para pria yang dinyatakan sebagai korban pada pesta seks gay di Jakarta Utara.

Direktur Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Orang Kementerian Sosial Sonny Manalu mengatakan, Kemensos akan berkoordinasi dengan kepolisian untuk membantu rehabilitasi sosial para gay yang telah dipisahkan polisi sebagai korban."Kemensos siap menerima korban yang membutuhkan rehabilitasi sosial. Ini menyangkut trauma healing, bimbingan perubahan perilaku dan bimbingan motivasi," katanya ketika dihubungi KORAN SINDO, Senin, 22 Mei 2017 kemarin.

Sonny mengaku sangat mengapresiasi kepolisian yang sudah mengungkap pesta seks gay di Jakarta Utara tersebut. Menurut dia, perlu ada tindakan tegas dan tuntas kepada para pelaku karena praktik ini merupakan bagian dari persoalan tindak pidana perdagangan orang.
Dia merujuk ini karena pasti ada kelompok tertentu atau mucikari yang memfasilitasi para lelaki dewasa ini berpesta. Sonny menjelaskan, untuk memberantas penyimpangan seksual sesama jenis ini perlu penanganan khusus sebab masalahnya sangat kompleks.

Kasus LGBT, kata dia, harus didalami secara komprehensif sebab setiap orang yang terjerumus kedalam penyimpangan seksual memiliki pemicu tersendiri. "Maka terapi per orang pun tidak sama. Ada yang karena broken home, pengaruh orang lain, gaya hidup atau hanya sekedar butuh uang," katanya.

Secara pribadi Sonny tidak menampik bahwa masalah LGBT ini memerlukan regulasi ketat. Namun lebih dari itu yang penting dilakukan ialah bagaimana mencegahnya.

Pencegahannya pun bukan sekedar mencegah melainkan dimulai dari pemetaan untuk mengetahui seperti apa karakteristik masyarakat yang rentan persoalan penyimpangan seksual ini.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6100 seconds (0.1#10.140)