Tersesat atau Bingung di Bandara Soetta, Hubungi Contact Center 138

Sabtu, 08 April 2017 - 00:36 WIB
Tersesat atau Bingung di Bandara Soetta, Hubungi Contact Center 138
Tersesat atau Bingung di Bandara Soetta, Hubungi Contact Center 138
A A A
TANGERANG - Pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten, Angkasa Pura (AP) II meresmikan pusat layanan informasi Contact Center Airport 138, di Gedung 628. Kantor layanan ini awalnya beroperasi di Bandung, Jawa Barat, pada 2014. Namun, sejak 2015, dipindah ke Tangerang, di Gedung 628.

Menurut Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, sebelumnya pusat layanan informasi pelanggan ini disebut juga dengan call center. Namun, diubah namanya menjadi contact center, karena dilengkapi dengan berbagai pelayanan modern yang bersinergi dengan jejaring sosial Facebook, Instagram, Twitter, dan video call.

"Kalau call center, kita hanya melayani lewat suara saja. Sedang contact center, bisa diakses oleh banyak media. Bisa lewat telepon langsung ke nomor 138, kemudian lewat Twitter, Facebook, dan Instagram," katanya, saat ditemui Koran SINDO, di Gedung 628, Bandara Soetta, Tangerang, Banten, Jumat (7/4/2017).

Ditambahkan dia, pelayanan informasi ini sangat penting bagi masyarakat. Terutama bagi para pengguna jasa layanan Bandara Soetta. Apalagi dengan adanya pembangunan Terminal 3 Bandara Soetta. Bagi masyarakat yang belum mengenal situasi Bandara Soetta saat ini, pasti akan bingung dengan arus lalu lintas yang ada di bandara.

Dengan menghubungi layanan telepon 138, para pengguna jasa bandara yang bingung bisa mencari tempat tujuan dan dipandu oleh operator contact center yang bekerja selama 24 jam penuh. Para operator ini juga bisa mengetahui lokasi si penelpon, sehingga memudahkannya untuk membimbing penelpon menuju lokasi tujuan.

Tidak hanya itu, para pengguna jasa penerbangan juga bisa mengecak informasi tentang maskapai, seperti kenapa pesawat delay dan lain sebagainya. Nanti operator contact center yang akan meneruskan informasi yang dibutuhkan masyarakat kepada maskapai yang bersangkutan. Jadi concact center berperan penyedia informasi.

"Saat ini sudah 2.300 laporan masyarakat yang masuk ke concact center setiap bulannya. Rata-rata layanan masuk masih seputar informasi umum maskapai dan delay. Saya melihat laporan ini, meski masih bersifat sangat umum, tetapi sangat diperlukan oleh masyarakat dan harus cepat dilayani," sambung Awaluddin.

Director of Airport Services & facility PT Angkasa Pura II (Persero) Ituk Herarindri menambahkan, penelpon concact center akan dikenakan tarif umum dan bisa melayani informasi seluruh pelayanan bandara yang dikelola AP II. Total bandara yang dikelola AP II berjumlah 13 bandara, dari Jakarta sampai ke Aceh dan Medan.

"Kami mengajak para calon penumpang atau penumpang pesawat udara untuk menelepon nomor layanan 138 apabila membutuhkan atensi atau bantuan pelayanan di seluruh bandara yang dikelola oleh AP II. Pelayanan ini dibuka setiap hari dengan 15 operator yang akan bekerja selama 24 jam penuh," terang Ituk.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6198 seconds (0.1#10.140)