Arus Balik Libur Nyepi, Ini Titik Kemacetan di Tol Cikampek

Selasa, 28 Maret 2017 - 15:50 WIB
Arus Balik Libur Nyepi,...
Arus Balik Libur Nyepi, Ini Titik Kemacetan di Tol Cikampek
A A A
JAKARTA - Bagi masyarakat yang hendak melakukan perjalanan dan melintasi ruas tol Jakarta Cikampek dari arah Jakarta menuju Cikampek, pada Selasa (28/3/2017) siang ini, kiranya mengetahui dulu kondisi jalan tersebut.

Pasalnya, saat ini ruas jalan tol Jakarta-Cikampek dampak libur hari raya Nyepi arus lalulintasnya nampat terlihat padat disebabkan, meningkatnya volume kendaraan yang melintas ruas jalan tersebut.

Disamping itu juga, adanya sejumlah proyek di ruas Tol Jakarta-cikampek pun menambah lagi kepadatan lalulintas di lokasi seperti, proyek pelebaran jalan untuk persiapan pembangunan tol Jakarta-Cikampek Elevated maupun proyek LRT.

Disampaikan oleh Humas PT Jasa Marga Cabang Tol Jakarta- Cikampek, M.Icksan Kartika menjelaskan, kondisi lalulintas diruas tol arah Cikampek saat ini sangat padat dibeberapa titik.

Adapun titik kepadatan yang berada diruas tol Jakarta -Cikampek itu, kata pria yang biasa disapa Eka, diantaranya, diruas Simpang susun Cikunir yang merupakan pertemua tiga (simpul) kendaran, mulai dari arah Cawang, Cikunir maupun Cakung.

"Untuk saat ini kondisi volume kendarannya sangat padat. Adapun di lokasi lainnya, ada juga kepadatan di KM 19 tepatnya, di Rest Area imbas keluar masuknya kendaran di lokasi," kata Eka, Kamis (28/3/2017).

Sementara itu, Eka menjelaskan, untuk kondisi antrean kendaraan di gerbang tol Cikarang utama hingga saat ini terlihat panjang antreannya sekitar 10-15 kendaraan saja. "Cukup padat namun mengalir," ujarnya.

Selanjutnya, untuk kondisi arus lalulintas selepas gerbang Tol Cikarang Utama, Eka menambahkan, saat ini kondisi arus lalulintasnya lancar hanya saja terjadi antrean menjelang rest area KM 39.

"Jadi secara keseluruhan kami dapat informasikan, saat ini dibeberapa titik kepadatan arus lalulintas di ruas tol arah Cikampek, terlihat dampak kepadatan di simpang susun cikunir kecepatan kendaraan dari arah Cawang sampai Cikunir rata-rata 20-30 km/jam," ungkapnya.

"Kemudian dari Cikunir menuju Cikarang utama, rata-rata kecepatan kendaraannya sekitar 30- 50 km/jam, dan untuk antrian digerbang tol Cikarang utama sekitar 20- 40 km/jam," tambahnya.

Sementara itu, dalam memantau perkembangan situasi arus lalulintas di tol Jakarta Cikampek saat ini. Eka mengakui, pihaknya terus melakukan langkah antisipasi untuk mencairkan kepadatan, bersama dengan petugas Polisi Jalan Raya (PJR) diantaranya, petugas Layanan Jalan Tol, dan Derek jalan tol

"Kami pun selalu berusaha menjaga keamanan dan ketertiban dilokasi dengan terus melakukan observasi serta pantauan melalui CCTV," kata Eka.

Dan terakhir, pihaknya menghimbau untuk pengguna jalan agar tetap mengutamakan keselamatan diantaranya, gunakan sabuk pengaman, patuhi rambu lalu lintas, jaga jarak aman kendaraan.

Selain itu, apabila mengantuk sebaiknya istirahat di rest area, dan jaga kecepatan kendaraan, serta jangan gunakan bahu jalan apabila tidak dalam kondisi darurat.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1203 seconds (0.1#10.140)