Cara Ini Mungkin Bisa Cegah Orang Bunuh Diri

Rabu, 22 Maret 2017 - 14:10 WIB
Cara Ini Mungkin Bisa Cegah Orang Bunuh Diri
Cara Ini Mungkin Bisa Cegah Orang Bunuh Diri
A A A
JAKARTA - Pecinta sister group, JKT 48, dikejutkan dengan kabar tewasnya Inao Jiro. Pria yang dikenal sebagai manajer JKT 48 dikabarkan meregang nyawa setelah ditemukan gantung diri.

Menurut polisi, Jiro pertama kali ditemukan tewas gantung diri oleh istri dan pembantunya pada Selasa, 21 Maret 2017 sekitar pukul 18.00 WIB. Polisi masih mendalami kasus dugaan bunuh diri ini dengan meminta keterangan dari beberapa saksi. (Baca Juga: : Manajer Idol Grup JKT48 Bunuh Diri di Rumahnya)

Bicara mengenai persoalan ini, ada cara untuk menghindari seseorang bunuh diri. Dan berikut uraiannya :
Jadilah rekan bicara yang baik
Ketika seseorang sedang berada pada masa sulit, maka disinilah kita untuk memberikan perhatian kepadanya, dengan menjadi rekan bicara yang baik untuknya.

Jauhkan barang-barang berbahaya
Untuk orang dekat, usahakan sebisa mungkin menjauhkan benda-benda tajam di rumah dari jangkauannya yang bisa digunakannya untuk bunuh diri. Benda-benda yang perlu dijauhkan seperti pisau, silet, gunting, garpu dan semacamnya serta cairan yang mengandung racun.

Selalu memberikan semangat

Jangan pernah lelah memberikan semangat, katakan hal-hal yang bagus dan memotivasi yang intinya bahwa dirinya dapat dengan mudah mengatasi masalah yang dihadapi. Kalau bisa sekalian memberikan solusi nyata.

Ajak dirinya bergerak

Masalah stres dan depresi yang dialami seseorang dapat diminimalisir dengan melakukan aktivitas yang memicu semangat, ajak dirinya berolahraga atau jalan-jalan ke taman bermain. Menurut penelitian ahli psikologi, melakukan kegiatan fisik mampu meredakan stres, serta berolahraga (aktivitas fisik) dapat meningkatkan hormon yang membuat seseorang merasa senang.

Jangan membiarkan nya menyendiri terlalu lama
Kondisi orang yang sedang berjiwa labil, stres dan depresi, maka perlu butuh didampingi. Namun, mereka memang akan cenderung menjauhkan diri dari lingkungan sosial. Untuk itu, saatnya kita mengambil peran penting untuk mendekatkan diri kepadanya.
(bbk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3483 seconds (0.1#10.140)