Pengunjung Mal Diminta Lebih Disiplin Gunakan Lift

Selasa, 21 Maret 2017 - 18:10 WIB
Pengunjung Mal Diminta...
Pengunjung Mal Diminta Lebih Disiplin Gunakan Lift
A A A
JAKARTA - Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) meminta para pengunjung mal agar lebih disiplin saat menggunakan lift. Kedisiplinan pengunjung diperlukan agar tidak terjadi persoalan yang membahayakan keselamatan.

Ketua Umum APPBI Stefanus Ridwan? mengatakan, pengunjung sebaiknya tidak memaksakan diri jika lift mal sudah penuh. "Terkadang lift sudah bunyi alarm akibat kelebihan kapasitas, namun masih ada yang masuk lagi. Jadi perlu juga ada kesadaran dari pengguna," kata Stefanus, Selasa (21/3/2017).

Sebelumnya lift jatuh terjadi di pusat perbelanjaan Blok M Square, Jakarta, Jumat, 17 Maret 2017 lalu. Kecelakaan ini terjadi akibat lift kelebihan beban. Stefanus mengaku prihatin atas musibah yang membuat belasan orang terluka tersebut.

APPBI, lanjut Stefanus, berencana melakukan koordinasi dengan anggotanya. Stefanus meyakini bahwa lift di mal-mal anggota APPBI sudah sesuai standar dan mendapatkan pengecekan rutin.

Biasanya pengecekan tersebut dilakukan secara berkala oleh tenaga outsourcing yang sebelumnya melaksanakan pemasangan. Bahkan, di beberapa mal pengecekan dilakukan tenaga dari luar negeri. "Jadi benar-benar terpelihara," ungkap Stefanus.

Terpisah, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta Husein Murad menjelaskan, lift di Blok M Square sudah penuh sejak dari lantai tujuh dan akan turun. Menurutnya, setelah salat Jumat, masyarakat membludak masuk ke dalam lift, sehingga lift tersebut melorot.

"Jadi liftnya melorot, bukan jatuh bukan putus," kata Husein. Penyebab, tak lain lantaran lift kelebihan beban dari kapasitas maksimalnya. Husein menuturkan, pengelola juga sudah melakukan perawatan rutin lift tersebut.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0844 seconds (0.1#10.140)