Wakaf Jadi Instrumen Penting Kebangkitan Ekonomi Umat

Jum'at, 17 Maret 2017 - 14:28 WIB
Wakaf Jadi Instrumen Penting Kebangkitan Ekonomi Umat
Wakaf Jadi Instrumen Penting Kebangkitan Ekonomi Umat
A A A
JAKARTA - Wakaf tidak dapat dipisahkan dari instrumen pembangunan ekonomi bangsa Indonesia. Oleh karena itu, wakaf perlu dibangun dan digalang untuk kemajuan pemberdayaan umat.

Hal tersebut dilihat dari potensi aset wakaf di Indonesia yang mencapai Rp2.000 triliun dan potensi wakaf uang bisa mencapai Rp188 triliun per tahun.

" Wakaf bisa berkontribusi untuk pembangunan bangsa ini baik aspek infrastruktur, pendidikan, kesehatan, ataupun aspek sosial keagamaan lainnya," kata Direktur Utama Inisiatif Wakaf (iWakaf), Romdlon Hidayat saat launching iWakaf di Condet Festival, Jumat (17/3/2017).

Romdlon melanjutkan, saat ini perlu sebuah terobosan dalam melakukan edukasi dan sosialisasi wakaf kepada masyarakat secara lebih massif dan terstruktur.

Adanya Undang-Undang Nomor 41 tahun 2004 tentang wakaf uang diharapkan kami bisa mendorong masyarakat untuk membiasakan berwakaf.

"Karena kami punya slogan siapapun bisa berwakaf uang mulai dari Rp10.000," lanjutnya.

Soal iWakaf, lanjut Romdlon, ini merupakan lembaga wakaf resmi yang mendapatkan izin operasional dari Badan Wakaf Indonesia (BWI) dengan nomor Nazhir 33.00.17.2.

Romdlon melanjutkan, iWakaf diharapkan bisa memaksimalkan potensi wakaf uang di Indonesia baik pada aspek fundraising, pengelolaan bisnis atau investasi wakaf uang dan pendistribusian keuntungannya untuk mauquf 'alaih (orang atau lembaga yang berhak menerima harta wakaf).

"Alhamdulillah kami sekarang mendapatkan amanah dari masyarakat untuk mengelola wakaf indekos, empat buah klinik, perkebunan dan pertanian," ujarnya.

Pihaknya juga membuka kesempatan masyarakat yang mau mewakafkan hartanya dengan mengikuti beberapa program yakni wakaf tanah produktif, wakaf uang, saham, keuntungan usaha dan hak cipta/royalti yang nantinya kami akan kelola dalam bentuk usaha baik properti, klinik, perkebunan, pertanian dan usaha ritel.

"Selanjutnya hasil keuntungan usaha akan akan kami distribusikan untuk empat program beasiswa dokter, hafidz Quran, usaha kecil dan cetak Alquran," tutupnya.

Transfer wakaf uang ke BNI Syariah 1213337775 an. Inisiatif Wakaf. Konfirmasi ke 021-87780015 (ext 134) atau WA 081299298162.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5136 seconds (0.1#10.140)