Citarum Meluap, 3 Kecamatan di Kabupaten Bekasi Terendam Banjir

Kamis, 16 Februari 2017 - 23:05 WIB
Citarum Meluap, 3 Kecamatan di Kabupaten Bekasi Terendam Banjir
Citarum Meluap, 3 Kecamatan di Kabupaten Bekasi Terendam Banjir
A A A
BEKASI - Hujan deras yang turun di Kabupaten Bekasi beberapa hari ini membuat Sungai Citarum meluap. Akibatnya, ratusan rumah di bantaran Sungai Citarum terendam banjir.

"Ada tiga kecamatan yang kebanjiran akibat Sungai Citarum meluap," kata Budi Jalu salah satu relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Kamis (16/2/2017). Menurut Budi, Sungai Citarum meluap lantaran debit air cukup tinggi karena kiriman dari hulu.

Ketinggian banjir akibat luapan itu mulai dari 50 cm hingga 1 meter. Sementara ratusan rumah penduduk yang terendam banjir berada tiga kecamatan terkena dampak dari banjir yakni, Kecamatan Cikarang Timur, Kedungwaringin, dan Muara Gembong.

Selain, rumah penduduk air juga membanjiri sejumlah sarana sosial seperti gedung sekolah dasar di Kedungwaringin. Ketinggian air di sekolah tersebut mencapai sebetis orang dewasa. Hingga kini, pihaknya masih melakukan evakuasi dilokasi banjir.

Budi mengaku, meski banjir menerjang tak ada warga yang mengungsi ke dataran lebih tinggi. Sebab, warga sudah terbiasa dengan banjir tersebut. Warga memilih bertahan di rumah masing-masing."Hanya barang-barang yang dipindah ke dataran tinggi," ungkapnya.

Hingga kini, lanjut dia, pihaknya sudah berkordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi terkait penanggulangan banjir. Untuk sementara banjir yang menerjang wilayah Bekasi masih terpantau di tiga Kecamatan."Baru tiga kecamatan yang terpantau," ujarnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3992 seconds (0.1#10.140)