Kubu Ahok Protes Soal Persamaan Salah Ketik pada Saksi Ahli

Senin, 13 Februari 2017 - 14:41 WIB
Kubu Ahok Protes Soal Persamaan Salah Ketik pada Saksi Ahli
Kubu Ahok Protes Soal Persamaan Salah Ketik pada Saksi Ahli
A A A
JAKARTA - Tim kuasa hukum Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memprotes tentang redaksional Berita Acara Pemeriksaan (BAP) di antara keterangan saksi-saksi. Mereka menyebutkan, ada delapan butir BAP atas nama Mahyuni yang mirip dengan BAP atas nama saksi ahli hukum pidana, Mudzakir.

"Ada dua BAP yang sama persis. Ada di butir 17 BAP ahli dihalaman enam itu pertanyaannya sama dan jawabannya sama dengan apa yang dijawab oleh ahli lain," protes tim pengacara Ahok di persidangan, Kementan, Jakarta Selatan, Senin (13/2/2017).

Tim pengacara Ahok membeberkan persamaan keduanya ada di masing-masing BAP butir 18, 20, 25, 28, 30, 31, 32, dan 33. Pada poin-poin tersebut dianggap pengacara Ahok memiliki tanda baca yang juga sama dan kesalahan yang sama.

"Bisa dilihat di halaman enam butir 17 BAP. Bahkan ada kesalahan menulis kata yang sama. Dua BAP sama-sama kata tidak ditulis tidka" tuturnya.

Menanggapi protes itu, saksi ahli Mahyuni pun menjawab, ada sejumlah pernyataan yang sama karena terkait definisi. Kalaupun ada yang sama, dia pun tak tahu menahu terkait kesamaan penulisan tersebut.

"Soal definisi yah wajar persis, sumbernya sama. Kalau kebetulan sama saya tak paham. Kalau ilmuwan dan saya tak paham kalau itu sama," jawab Mahyuni.

Penasihat hukum pun bertanya, apakah ada orang di balik persamaan pernyataan tersebut. Namun Mahyuni membantahnya. Karena pengetikan jawaban saat diperiksa sebagai saksi di Bareskrim, dia dibantu oleh temannya.

"Tidak ada (yang mengarahkan). Hanya ada teman saya Satiro dosen UI yang waktu itu membantu mengetikkan untuk saya," paparnya.

Mendengar jawaban itu, penasihat hukum Ahok mengaku bakal mempelajari lebih lanjut terkait persamaan BAP tersebut. Mereka juga akan memasukkannya ke dalam pledoi nanti.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7240 seconds (0.1#10.140)