Ini Penjelasan Bachtiar Nasir Soal Tuduhan Pencucian Uang

Jum'at, 10 Februari 2017 - 14:10 WIB
Ini Penjelasan Bachtiar Nasir Soal Tuduhan Pencucian Uang
Ini Penjelasan Bachtiar Nasir Soal Tuduhan Pencucian Uang
A A A
JAKARTA - Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) Bachtiar Nasir menjelaskan perkara uang yang terkumpul di Yayasan Keadilan untuk Semua. Bachtiar menegaskan, tidak ada yang salah dengan uang tersebut.

Dia mengatakan, aliran dana yang masuk ke rekening Yayasan Keadilan untuk Semua berasal dari sedekah umat. Sebab, kala itu bakal ada aksi 2 Desember bertajuk Bela Islam.

"Nah jadi, framenya itu jangan dilihat semata-mata uangnya saja ini ada umat Islam sangat ingin membela agamanya, diperintahkan di dalam Al-Quran untuk berinfaq yang orientasinya ke akhiratan," jelas Bachtiar sebelum masuk ruang penyidik Bareskrim di Gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta Pusat, Jumat (10/2/2017).

Bachtiar melanjutkan, GNPF merupakan lembaga yang bersifat ad hoc. Jadi, GNPF tidak bisa begitu saja membuat rekening untuk menampung dana umat.

GNPF melakulan kerjasama dengan meminjam rekening yayasan itu. Hal itu dilakukan, agar dana dapat dikontrol oleh lembaga yang berbadan hukum. Antara Yayasan Keadilan untuk Semua dengan GNPF, lanjut Bachtiar, sudah ada perjanjian kerja sama secara lisan.

"Sebetulnya sudah ada draft agreement ya, karena demi percepatan, umat sudah menunggu, akhirnya bukalah rekening itu," tambah Bachtiar.

Bachtiar belum menyebut rinci soal jumlah uangnya. Yang jelas, proses tadi, bakal dijelaskan Bachtiar pada penyidik Bareskrim hari ini. Dia memenuhi janjinya memenuhi panggilan penyidik yang kedua sebagai saksi kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) Yayasan Keadilan untuk Semua.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6640 seconds (0.1#10.140)