Tak Terurus, Sejumlah Wisata Alam Situ Dipenuhi Sampah dan Pendangkalan

Senin, 30 Januari 2017 - 14:06 WIB
Tak Terurus, Sejumlah...
Tak Terurus, Sejumlah Wisata Alam Situ Dipenuhi Sampah dan Pendangkalan
A A A
DEPOK - Ketua Komisi B DPRD Kota Depok Mohammad H.B. mengatakan, pemerintah kota akan fokus membangun pariwisata alam di Depok. Adapun potensi pariwisata alam yang bakal dikembangkan di Depok, yakni pariwisata situ, taman hutan raya, kebun belimbing, Sungai Ciliwung, Pesanggrahan, dan budidaya ikan hias.

"Dewan sedang kaji rancangan induk konsep pariwisata di Depok, tahun ini. Pariwisata alam akan menjadi fokus untuk pengembangan industri wisata alam," kata Mohammad, Senin (30/1/2017).

Diupaykan, tahun ini akan dilakukan kajian studi kelayakan untuk pengembangan potensi wisata alam situ. Beberapa situ sudah dibidik untuk menjadi kawasan wisata alam, seperti Situ Cilodong dan Rawa Besar.

Menurutnya, situ menjadi fokus pengembangan wisata di Depok karena sekaligus upaya konservasi lahan situ yang sudah kritis. "Situ sudah menyusut, banyak sampah dan mengalami pendangkalan. Bahkan sudah ada yang menjadi hunian," ujarnya.

Selain itu, setelah ada upaya ini, dia berharap pemerintah bisa memetakan keadaan situ di Depok yang bisa dijadikan lokasi wisata alam. Dalam upaya pengembangannya diharapkan pemerintah bisa bekerjasama dengan swasta. Misalnya menjadikan area sepadan situ sebagai wisata kuliner sampai kegiatan budaya. "Bahkan, juga tempat outbond," ungkapnya.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah Farida Rachmayanti mengatakan pengelolan potensi pariwisata alam sangat penting. Pengembangan potensi pariwisata mesti terarah dan ditangani lebih serius lagi. "Depok juga perlu membuat sarana dan prasarana dengan baik untuk menunjang industri pariwisata," katanya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1353 seconds (0.1#10.140)