Anies: Kedamaian Harus Dijaga dengan Tegakkan Hukum dan Hadirkan Rasa Keadilan

Jum'at, 02 Desember 2016 - 17:20 WIB
Anies: Kedamaian Harus Dijaga dengan Tegakkan Hukum dan Hadirkan Rasa Keadilan
Anies: Kedamaian Harus Dijaga dengan Tegakkan Hukum dan Hadirkan Rasa Keadilan
A A A
JAKARTA - Jutaan peserta aksi damai 2 Desember memenuhi sekitar lapangan Monas untuk mengikuti salat Jumat dan zikir berjamaah. Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menganggap aksi tersebut sebagai salah satu tanda demokrasi di Indonesia sudah matang, bahkan Presiden dan Wakil Presiden bergabung salat Jumat bersama dengan peserta aksi damai.

Anies secara khusus mengapresiasi para ulama, habaib, tokoh masyarakat dan umat Islam Indonesia kegiatan aksi damai, dan zikir bersama ini dengan tertib dan sejuk. Juga aparat keamanan yang mengawal dengan bersahabat.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 2014-2016 itu melihat aksi damai ini wujud aspirasi dari masyarakat sangat kuat. Ini bukan sekadar aspirasi elite, ini aspirasi rakyat kebanyakan.

Jutaan rakyat kebayakan itu dengan ikhlas hadir dari berbagai penjuru negeri utk menuntut ditegakkannya rasa keadilan. "Dan, hebatnya lagi semua ini berjalan dengan damai tak sedikitpun menganggu kebhinekaan. Aksi ini tidak menganggu kebhinekaan dan persatuan," ujar Anies dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Jumat (2/12/2016).

Anies melanjutkan, di negeri lain, aspirasi issue sensitif sering diungkap dengan kekerasan, tapi di Indonesia diungkapkan dengan damai. "Menuntut keadilan dengan cara beradab lewat jalur hukum dan dengan damai," ucapnya.

Anies mengingatkan kedamaian itu ditandai bukan sekadar dengan tiadanya kekerasan, tapi kedamaian harus dijaga dengan menghadirkan rasa keadilan. Prinsip Ini yang harus disadari oleh semua aparat penegak hukum dan penegak keadilan.

"Memang, yang menjadi dasar aksi tersebut adalah dugaan kasus penistaan agama yang dilakukan Gubernur nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)," ujarnya. Anies berharap agar penanganan kasus dugaan penistaan agama berjalan profesional, memenuhi semua prinsip hukum, keadilan dan bisa menghadirkan rasa keadilan.

Baginya, masyarakat Indonesia ingin agar prinsip keadilan dijunjung tinggi dan rasa keadilan bisa ditegakkan. "Hadirnya rasa keadilan itu yang diinginkan rakyat dan negara berkewajiban menegakan hukum demi menghadirkan rasa keadilan itu" ujarnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5398 seconds (0.1#10.140)