Demo 2 Desember, Ini Titik Jalan yang Akan Ditutup

Selasa, 29 November 2016 - 11:33 WIB
Demo 2 Desember, Ini Titik Jalan yang Akan Ditutup
Demo 2 Desember, Ini Titik Jalan yang Akan Ditutup
A A A
JAKARTA - Polisi memastikan, digelarnya Aksi Beka Islam di Monas, Jakarta Pusat membuat sejumlah jalanan yang ada di seputaran Monas akan ditutup khususnya di depan Istana Negara. Rekayasa arus lalu lintas akan diberlakukan secara situasional.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan, polisi mengimbau pada massa dari luar kota Jakarta yang ke Jakarta menggunakan kendaraan untuk mengikuti arahan petugas kepolisian saat sampai di seputaran Monas. Sebab, polisi akan mengarahkan titik mana saja yang akan dijadikan sebagai kantong parkir di kawasan Monas tersebut.

"Nanti di silang Monas ada tempat drop penumpang di jalur Medan Merdeka Selatan, Merdeka Timur sampai Istiqlal, Lapangan Banteng, dan cadangannya di Kemayoran. Jadi itu tempat kantong parkir yang disiapkan," ujarnya pada wartawan di Polda Metro Jaya, Senin 28 November 2016 malam.

Menurutnya, petugas kepolisian akan mengarahkan kendaraan massa untuk memarkirkan kendaraannya di kantong parkir yang ada di seputaran Monas tersebut. Nantinya, kendaraan tersebut akan dikelompokkan sesuai dengan daerah massa berasal untuk memudahkan massa pulang nanti.

Selain itu, kata Boy, kendaraan massa yang berasal dari arah Selatan akan diarahkan masuk ke Merdeka Selatan. Sedang kendaraan massa dari Tugu Tani akan diarahkan masuk ke Merdeka Timur.

"Misalnya menuju Tangerang, Banten mana lokasi (parkir) yang pas. Menuju Bandung dan tol Cikampek diatur, begitu juga yang mengarah ke Selatan, nanti diatur. Oleh karena itu, pengemudi dan peserta aksi Dzikir Akbar ini mohon kerja samanya," tuturnya.

Boy menambahkan, adapun soal rekayasa arus lalu lintas yang dilakukan polisi terkait adanya Aksi Bela Islam III tersebut, polisi akan memberlakukannya secara situasional. Namun, terdapat jalur yang pasti akan ditutup saat aksi 2 Desember 2016 itu digelar.

"Depan Istana pasti ditutup karena tidak bisa dilintasi. Demikian juga dari Merdeka Barat sampai depan Istana itu nanti dilewati kendaraan secara terbatas," jelasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7083 seconds (0.1#10.140)