HAI UEA-PKPU Gelar Pengobatan Gratis di Desa Terisolir

Rabu, 16 November 2016 - 16:40 WIB
HAI UEA-PKPU Gelar Pengobatan Gratis di Desa Terisolir
HAI UEA-PKPU Gelar Pengobatan Gratis di Desa Terisolir
A A A
Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU bekerja sama dengan donatur HAI Uni Emirat Arab (UEA) mengadakan Program Kesehatan Masyarakat Keliling (Prosmiling) di Kampung Sindang Asih RT 01/RW 08, Desa Pasarean, Kecamatan Pamijahan, Bogor, Minggu 13 November 2016.

Salah satu tujuan program ini adalah memberikan layanan kesehatan yang berkualitas bagi warga miskin yang tinggal di daerah terpencil dan jauh dari akses kesehatan. Dalam Prosmiling kali ini juga diadakan layanan preventif seperti penyuluhan mengenai tumbuh kembang anak serta pemberian makanan tambahan untuk balita.

Prosmiling diawali dengan pengenalan PKPU dan penyuluhan mengenai tumbuh kembang anak oleh ahli gizi dari Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Pamijahan. Yang spesial dari Prosmiling kali ini adalah tim medis yang semuanya berasal dari Pustu Desa Pasarean. Masyarakat tampak akrab dan tidak asing lagi dengan tenaga medis yang memberikan layanan sehingga Prosmiling berlangsung ramai.

Koordinator tim medis, Fery Feryandi menyambut baik dengan adanya pengobatan gratis ini. ”Ini merupakan kegiatan yang sangat baik dan mulia dan sekaligus membantu program kesehatan dari Pustu Desa Pasarean,” kata Fery.

Dia berjanji akan terus mendukung kegiatan-kegiatan baksos kesehatan di wilayahnya, terutama kebutuhan tenaga medis.

Berdasarkan pantauan lapangan, Majelis Taklim RT 01 yang dijadikan lokasi pengobatan sangat ramai didatangi warga. Dari awal pembukaan pukul 09.00 hingga pukul 11.30 WIB, tak pernah sepi dari warga yang akan berobat. Jumlah penerima manfaat membeludak, dari target awal pengobatan umum sebanyak 100 pasien menjadi 116 pasien.

Layanan gizi balita pun tak kalah ramainya. Dari target 50 balita menjadi 113 balita yang mendapatkan penimbangan serta konsultasi gizi dari tim medis. Mereka juga diberi makanan tambahan atau PMT untuk membantu perbaikan gizi.

”Alhamdulillah kedatangan PKPU ke Kampung Sindang Asih ini sangat membantu dan sangat peduli pada kesehatan. Saya sebagai ketua RT mewakili warga mengucapkan rasa terima kasih kepada tim medis dan PKPU atas kepeduliannya kepada masyarakat kami. Semoga PKPU dan donatur HAI Uni Emirat Arab semakin sukses serta Allah membalas kebaikannya,” ujar Ketua RT 01, Ardji.

Kampung Sindang Asih merupakan salah satu daerah terisolir dan tertinggal yang ada di wilayah Desa Pasarean. Akses jalan rusak dan sempit serta hanya bisa dilalui satu mobil. Jalan tersebut merupakan satu-satunya jalan menuju kampung Sindang Asih yang dikelilingi perkebunan di kanan kiri jalan.

Medannya yang sangat berbahaya karena banyak tanjakan dan jurang serta belokan tajam membuat Kampung Sindang Asih memang terisolir dari daerah lain. Meskipun terpencil dan berada di tengah perkebunan, permukiman di kampung Sindang Asih lumayan padat dan ramai. (Dita/Putri/PKPU)
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6924 seconds (0.1#10.140)