Yayasan Balarenik Bantu Rehabilitasi Anak Korban Narkoba

Selasa, 08 November 2016 - 01:14 WIB
Yayasan Balarenik Bantu Rehabilitasi Anak Korban Narkoba
Yayasan Balarenik Bantu Rehabilitasi Anak Korban Narkoba
A A A
JAKARTA - Yayasan Balarenik, yang memberikan pelayanan terhadap anak jalanan dan permasalahan sosial di wilayah Jakarta, ditunjuk sebagai Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) bagi anak korban penyalahgunaan narkoba. Selama ini, belum ada lembaga swadaya masayarakat (LSM) yang memberikan layanan khusus terhadap anak.

"Balarenik menjadi pionir dalam layanan ini. Saat ini, belum ada lembaga yang melayani korban penyalahgunaan narkoba khusus anak," ujar Ketua Yayasan Balarenik Agusman di Jakarta, Senin 7 November 2016.

Dia menerangkan, dengan ditunjuknya Yayasan Balarenik sebagai IPWL, lembaga akan merehabilitasi anak-anak yang menjadi korban penyalahgunaan narkoba agar pulih dari ketergantungan obat terlarang. "Diharapkan anak-anak Indonesia semakin mengerti dan memahami bahaya narkoba," harapnya.

Agusman mengungkapkan, ada dua kategori dalam layanan yang diberikan Yayasan Balarenik. Pertama, rawat jalan bagi anak-anak yang ketergantunannya masih rendah. Kedua, rawat inap selama enam bulan, bagi anak-anak yang ketergatungannya sudah tinggi.

"Selama mengikuti rehabilitasi sosial anak-anak mendapatkan hak-hak dasarnya, termasuk pendidikan umum dan pendidikan spritual," kata Agusman.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8751 seconds (0.1#10.140)