Puluhan Mahasiswa Ikut Demo Tolak Penggusuran di Bukit Duri

Rabu, 28 September 2016 - 10:06 WIB
Puluhan Mahasiswa Ikut Demo Tolak Penggusuran di Bukit Duri
Puluhan Mahasiswa Ikut Demo Tolak Penggusuran di Bukit Duri
A A A
JAKARTA - Puluhan mahasiswa di Jakarta bergabung bersama warga Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan menggelar aksi damai di lokasi penggusuran. Para mahasiswa ini menolak aksi penggusuran tersebut.

Berdasarkan pantauan, massa yang terdiri dari warga Bukit Duri dan gabungan perwakilan Badan Eksekutif Seluruh Indonesia (BEM SI), regional Jabodetabek menggelar aksi damai di lokasi penggusuran. Massa aksi tersebut menolak penggusuran yang dilakukan oleh Pemkot Jaksel.

Salah seorang mahasiswa perwakilan BEM UNJ Shafwan mengatakan, mereka melawan segala bentuk penggusuran yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang dipimpin Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

"Kami dari BEM SI Regional Jabodetabek, dari BEM UNJ, UI, STEI Sebi Trilogi bersama warga, teman-teman ke sini menolak penggusuran," ujarnya di lokasi penggusuran, Rabu (28/9/2016).

Kata Shafwan, pihaknya meminta agar Pemprov DKI melakukan audiensi terlebih dahulu dengan warga. Tidak hanya asal gusur.

"Kami melawan terhadap penggusuran. Kami menuntut adanya audiensi dari Pemprov DKI. Terutama dari Ahok agar warga merasa terakamodir kebutuhan dan haknya," katanya.

Pada aksi damai yang dilakukan warga dan gabungan mahasiswa dijaga ketat aparat kepolisian. Spanduk dan poster dipajang oleh pendemo. Bendera Merah Putih dikibar-kibarkan paling depan.

Tampak spanduk mulai dari yang bertuliskan 'Bukit Duri Tumbal Pembangunan Jakarta', 'Rakyat bermartabat, pejabat bermuslihat', 'Bukit Duri menggugat', 'Ciliwung Nyawa Kita, ' Menggusur Bukit Duri menggusur Nurani warga Jakarta

Selain itu, ada pula bendera kuning yang betuliskan Innalillahi wa ina ilaihi rojiun, warga pinggir Kali Ciliwung sedang beduka ikut dikibarkan mahasiswa. Massa pun menyanyikan lagu akar rumput, denting kecapi, ibu peritiwi, dan Indonesia pusaka.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2959 seconds (0.1#10.140)
pixels