Antisipasi Kejahatan, Polda Metro Luncurkan Aplikasi SIAP-PMJ

Rabu, 21 September 2016 - 18:05 WIB
Antisipasi Kejahatan, Polda Metro Luncurkan Aplikasi SIAP-PMJ
Antisipasi Kejahatan, Polda Metro Luncurkan Aplikasi SIAP-PMJ
A A A
JAKARTA - Ditreskrimum Polda Metro Jaya meluncurkan Sistem Informasi Aplikasi Pelaporan Polda Metro Jaya (SIAP-PMJ) di Mapolda Metro Jaya, Jalan jenderal Sudirman, Jakarta Selatan. Aplikasi SIAP-PMJ itu layanan berbasis aplikasi yang dibuat untuk mempermudah masyarakat berinteraksi dengan polisi selama 24 jam.

"Polri juga harus mengikuti perkembangan teknologi agar tidak ketinggalan," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Moechgiyarto di lokasi, Rabu (21/9/3016).

Melalui aplikasi yang juga menggunakan fitur Global Positioning Sistem (GPS) tersebut, kata Moechgiyarto, pengguna dapat mengetahui lokasi serta panduan menuju kantor polisi terdekat jika sewaktu-waktu pengguna membutuhkan perlindungan di wilayah yang tidak dikenali.

Selain itu, pengguna juga dapat terintegrasi langsung dengan berbagai pihak seperti Jasamarga, Pemadam Kebakaran, Basarnas, Satpol PP, PLN, dan lain-lain sehingga cakupan penanganan masalah bukan hanya sekadar terkait tindak kriminal saja.

Meski negitu, aplikasi ini masih bersifat internal kepolisian untuk bisa dikembangkan dengan lebih baik sebelum dilepas ke masyarakat. Sejauh ini, aplikasi baru tersedia untuk ponsel pintar berbasis android saja. Nantinya, akan dikembangkan untuk bisa digunakan pada ponsel pintar berplatform lainnya.

"Grand launching akan diresmikan Kapolri ketika masyarakat sudah betul-betul bisa memanfaatkan aplikasi dengan lebih baik, tentunya internal juga sudah lebih baik," katanya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7498 seconds (0.1#10.140)