TMII Gelar Parade Tari Nusantara 2016

Sabtu, 20 Agustus 2016 - 22:44 WIB
TMII Gelar Parade Tari Nusantara 2016
TMII Gelar Parade Tari Nusantara 2016
A A A
JAKARTA - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menggelar Parade Tari Nusantara 2016. Kegiatan tersebut merupakan salah satu sarana apresiasi masyarakat terhadap seni khususnya seni tari daerah.

Kabag Humas TMII Jeremias PT Lahama menuturkan, Parade Tari Nusantara 2016 juga sebagai upaya melestarikan, mengembangkan dan mengenalkan kekayaan kebudayaan Indonesia kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya generasi penerus bangsa.

"Kompetisi tingkat nasional ini didukung oleh sebanyak 32 provinsi yang telah siap menampilkan karya-karya unggulan daerahnya masing-masing dengan dukungan potensi langsung dari daerahnya," kata Pria yang akrab disapa Jery di Sasono Langen Budoyo TMII, Sabtu (20/8/2016).

Jery melanjutkan, diharapkan kegiatan ini dapat melahirkan karya-karya anak bangsa dengan dukungan penuh dari dari Pemda yang peduli dan serius mempersiapkan karya seni terbaik dalam Parade Tari Nusantara 2016.

"Materi yang disajikan berupa tari garapan baru yang berpijak pada tari tradisi daerah atau seni budaya tradisi daerah yang belum pernah ditampilkan dalam eventa atau lomba tingkat nasional dan merupakan hasil seleksi dari daerah masihng-masing," jelasnya.

Tema dalam kegiatan yang menginjak usia ke-35 tahun itu yakni "Legenda atau Cerita Rakyat" dari daerah asal. Durasinya hanya 7 menit dan penyajian menggunakan iringan musik langsung (live) yang mengutamakan instrumen musik etnik daerahnya.

Jery menjelaskan, keriteria penilaian untuk penyajian meliputi penata tari, penata musik, penata rias dan busana serta penampilan umum. Penghargaan yang diberikan untuk kegiatan ini meliputi Parama Natya Budaya "Swarna Dwipa" (antar wilayah Sumatera), Parama Natya Budaya Jawa Bali, Parama Natya Budaya Eksotika Indonesia Timur (Nusa Tenggara, Maluku dan Papua), Parama Natya Budaya Eksotika Kalimantan.

Penghargaan lainnya adalah penghargaan khusus sebagai penata tari terbaik, penata musik terbaik, penata rias dan busana terbaik serta penyajan terbaik serta penghargaan juara umum yang diberikan kepada peserta yang mendapatkan penghargaan terbanyak dan atau nilai tertinggi pada penampilan Parade Tari Nusantara setiap tahunnya.

"Kegiatan ini didukung oleh tiga kementerian, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI serta Kementerian Pariwisata RI," tutupnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4741 seconds (0.1#10.140)