Roboh, Diduga Bekas Gedung Heaven Tidak Dibongkar Bertahap

Senin, 20 Juni 2016 - 10:04 WIB
Roboh, Diduga Bekas Gedung Heaven Tidak Dibongkar Bertahap
Roboh, Diduga Bekas Gedung Heaven Tidak Dibongkar Bertahap
A A A
JAKARTA - Insiden robohnya bekas gedung rumah duka Heaven yang terjadi pada Sabtu 18 Juni 2016 membawa korban jiwa. Akibat dari pembongkaran itu empat orang mengalami luka, dua orang terjepit reruntuhan dan satu orang tewas.

Wakil Ketua V Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi, Poltak Situmorang megatakan, proses pembongkaran atau demolisi tersebut ada yang salah. Mestinya para pekerja membongkar secara bertahap.

"Itu demolisi istilahnya. Jadi pembongkaran itu kan harus ada tahapan-tahapannya jadi tidak bisa model langsung memulai dari atas sampai ke bawah dibobok semuanya. harus bertahap dari atas bawah dan lantai paling dasar," kata Poltak ketika dihubungi Sindonews, Senin (20/6/2016).

Poltak melanjutkan, dari pemberitaan yang ada, para pekerja berada di setiap lantai. Mestinya saat awal pembongkaran para pekerja membongkar lantai paling atas terlebih dahulu.

"Mereka bekerja kalau tidak salah kan tidak di tiap lantai sehingga konstruksinya ke balok itu belum berpengaruh akhirnya beban tidak seimbang dan runtuh sama dengan yang di Bintaro," lanjutnya.

Korban pun akhirnya berjatuhan akibat dari tahapan yang salah dalam proses pembongkaran. Poltak berharap kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus melakukan pengawasan terhadap aktivitas pembongkaran karena hal tersebut bisa mengancam keselamatan pekerja dan warga sekitar bangunan.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4851 seconds (0.1#10.140)