Ada Pewarna Tekstil dalam Santapan Takjil di Jakarta

Kamis, 09 Juni 2016 - 02:26 WIB
Ada Pewarna Tekstil dalam Santapan Takjil di Jakarta
Ada Pewarna Tekstil dalam Santapan Takjil di Jakarta
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur melakukan pemeriksaan ke beberapa pedagang takjil musiman di samping Lippo Mal Kramatjati, Jakarta Timur. Tim Jejaring Keamanan Pangan Pemkot Jakarta Timur menemukan makanan takjil berbahaya yang dijual.

Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardana mengatakan, dari beberapa sampel makanan yang dijual pedagang ada satu bahan makanan mengandung pewarna Rhodamin B. Pewarna ini biasanya digunakan untuk industri tekstil dan kertas.

"Tadi ada satu sampel di makanan Pacar Cina. Itu mengandung Rhodamin B. Untuk makanan lainnya aman," kata Bambang di lokasi, Rabu, 8 Juni 2016 kemarin. Bambang melanjutkan, pihaknya masih toleran terhadap para pedagang yang kedapatan menjual makanan yang mengandung bahan berbahaya.

Pemkot Jakarta Timur akan memberikan sanksi berupa teguran dan juga para pedagang akan diberikan pembinaan."Sanksinya ini kalau melanggar kami akan lakukan pembinaan. Karena mereka pedagang takjil itu musiman," lanjutnya.

Bambang mengaku razia seperti ini akan rutin dilakukan untuk mengantisipasi peredaran makanan yang mengandung bahan berbahaya khususnya selama Ramadhan."Kami sering melakukan setiap tahunnya. Untuk puasa tahun ini, sekarang yang pertama dan kami akan terus lakukan secara rutin," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7430 seconds (0.1#10.140)