Hari Lahir Pancasila, Dandim Jakarta Barat Sambangi Sekolah

Rabu, 01 Juni 2016 - 23:12 WIB
Hari Lahir Pancasila, Dandim Jakarta Barat Sambangi Sekolah
Hari Lahir Pancasila, Dandim Jakarta Barat Sambangi Sekolah
A A A
JAKARTA - Memperingati hari lahirnya Pancasila, Komandan Kodim (Dandim) 0503 Jakarta Barat, Letkol Inf Maycel Asmi mengenalkan pentingnya Pancasila dan TNI dalam mempertahankan negara di sekolah Global Seville, Kembangan, Jakarta Barat.

Dandim 0503 Jakarta Barat Letkol Inf Maycel Asmi mengatakan, wawasan kebangsaan dan pengenalan Pancasila harus dilakukan sedini mungkin, dengan begitu jiwa nasionalis akan muncul dengan sendiri.

"Pancasila adalah dasar NKRI, semua masyarakat wajib mengetahui dan sadar akan hal ini," tegas kata Maycel Asmi dihadapan ratusan pelajar Global Seville, Rabu (6/1/2016).

Maycel menuturkan, tanpa bantuan masyarakat maupun rakyat, TNI tidak akan kuat. Sekalipun sebagai garda terdepan, namun dukungan dan bantuan bersama dengan komponen lain dirasa sangat membantu.

Terlebih saat ini, dibandingkan dengan negara lain, sumber daya alam Indonesia sangat melimpah, kondisi ini membuat negara lain menjadi iri. Keamanan dan geopolitik, lanjut Meycel, harus ditingkatkan dan menjadi tantangan bersama.

Kompetisi secara sehat, akan memunculkan remaja sebagai calon pemimpin masa depan menjadi seorang visioner, optimis, adaptik, kreatif, inovatif, dan produktif. "Kalau Pancasila sudah tertanam, sikap pesimis akan luntur. Masyarakat akan semakin optimis dengan kehidupannya," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Operasional SMP/SMA Global Seville, Gunawan Wang menyambut baik dengan kedatangan Dandim dan memberikan motivasi nasionalisme akan mendorong cita-cita anak didik.

Terlebih, hadirnya Dandim dirasa sangat membantu dalam memperingati Pancasila. Sekalipun pengenalan Pancasila sudah diajarkan di dalam kurikulum sekolah."Ini merupakan bagian dari pemantapan saja," tutupnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8336 seconds (0.1#10.140)