Banjir di Jakarta Disebabkan Buruknya Kondisi Drainase

Kamis, 21 April 2016 - 13:27 WIB
Banjir di Jakarta Disebabkan Buruknya Kondisi Drainase
Banjir di Jakarta Disebabkan Buruknya Kondisi Drainase
A A A
JAKARTA - Hampir seluruh wilayah Ibukota pagi ini nampak semrwut akibat banjir yang menggenang jalan maupun pemukiman di Jakarta. Disamping karena air kiriman, banjir juga disebabkan dari buruknya kondisi drainase.

Pengamat tata kota dari Universitas Trisakti, Nirwono Joga menjelaskan penyebab banjir pagi tadi di Jakarta terjadi karena luapan sungai dari arah Bogor.

"Distribusi hujan yang merata di seluruh wilayah DKI Jakarta dalam waktu cukup lama, meski curah hujan nya masih relatif aman 70mm/jam, bandingkan kalau banjir min 150-350mm/jam," kata Joga saat dihubungi Sindonews, Kamis (21/4/2016).

Selain itu, permasalahan drainase di Jakarta juga belum terselesaikan. Selain tidak berfungsi dengan baik, saluran air juga kelebihan kapasitas menampung air hujan.

"Tidak ada upaya pengaliran air hujan tersebut ke tempat-tempat penampungan air seperti waduk, situ, taman terdekat," tuturnya.

Akibat sejumlah ruas jalan tertutup banjir, kemacetan panjang pun tak terelakkan. Para pengguna jalan khususnya sepeda motor banyak yang mogok karena memaksakan lewat jalan yang terendam banjir.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5606 seconds (0.1#10.140)