Polda Metro Berencana Ganti 3 in 1 Menjadi 4 in 1

Senin, 04 April 2016 - 06:10 WIB
Polda Metro Berencana Ganti 3 in 1 Menjadi 4 in 1
Polda Metro Berencana Ganti 3 in 1 Menjadi 4 in 1
A A A
JAKARTA - Kebijakan 3 in 1 yang telah berjalan selama 13 tahun terakhir ini rencananya akan diganti dengan sistem 4 in 1. Rencana ini akan dilakukan bila uji coba penghapusan 3 in 1 selesai dilaksanakan.

Kasubdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, rencana mengubah 3 in 1 menjadi 4 in 1 ini didapatkan setelah digelar rapat dengan Forum Lalu Lintas, Dinas Perhubungan dan Polda Metro Jaya."Artinya nanti, kendaraan yang melintas harus berpenumpang empat orang atau lebih," kata Budiyanto, Minggu 3 April 2016 kemarin.

Menurut Budiyanto, yang dilakukan stake holder saat ini yakni uji coba penghapusan 3 in 1 pada 5-8 April dan 11-13 April. Hasil uji coba akan dikaji dan dievaluasi untuk menentukan apakah aturan tersebut akan tetap dilakukan atau tidak.

"Kalau menimbulkan kemacetan parah, maka alternatifnya memakai kebijakan baru," tegasnya. Budiyanto menuturkan, selama ini kebijakan 3 in 1 tidak bisa efektif karena banyaknya pengguna jalan yang memanfaatkan Joki.

Walapun begitu, kebijakan 3 in 1 ini mengurangi kepadatan di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin terutama di simpang Patung Kuda hingga Bundaran Senayan. "Sebenarnya memang cukup efektif, tapi karena berdampak dengan timbulnya masalah sosial maka hal ini patut dikaji ulang," ucapnya.

Dalam uji coba Selasa mendatang, lanjut Budiyanto, pihaknya akan melakukan penyebaran personel dibeberapa titik yang diduga akan menjadi kepadatan. Titik utama yang akan mendapatkan penjagaan khususnya kawasan perkantoran seperti Sudirman-Thamrin.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6927 seconds (0.1#10.140)