DKI Akan Bangun Jamban Komunal di Semper Barat

Rabu, 16 Maret 2016 - 19:04 WIB
DKI Akan Bangun Jamban Komunal di Semper Barat
DKI Akan Bangun Jamban Komunal di Semper Barat
A A A
JAKARTA - Untuk memenuhi kebutuhan mandi cuci kakus (MCK), Pemprov DKI akan membangun jamban komunal di Semper Barat, Jakarta Utara. Selama ini, warga sekitar kesulitan untuk buang air besar sehingga membuat lingkungan sekitar kotor dan rawan penyakit.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat tak menampik kondisi pemukiman padat yang kumuh seringkali menjadi sumber penyakit. Tak ada saluran yang tak terintegrasi dengan pinggiran kali, membuat masyarakat membuang limbah rumah tangganya sembarangan.

"Karena itu, hari ini saya mengajak semua untuk tidak melakukan buang tinja sembarang. Butuh kontrol dan komitmen kuat dalam melakukan itu," tuturnya saat memberikan sambutan di deklarasi Stop Buang Air Besar (SBS) di RW 04, Semper Barat, Jakarta Utara, Rabu (16/3/2016).

Demi mendukung langkah itu, Djarot bakal membangun sebuah jamban besar di kawasan Semper Barat, sebagai proyek awal DKI dalam mengatasi masalah limbah. Jamban itu di yakini Djarot akan mampu menampung sanitasi 100 kepala keluarga.

Direktur Kesehatan Lingkungan Kementrian Kesehatan, Imran Agus Nur Ali mendukung penuh langkah DKI. Menurutnya selain kondisi sampah dan limbah sudah tidak karuan, kondisi itu juga berbahaya bagi kesehatan.

"Kami sebenarnya sudah melakukan pembenahan di sejumlah kawasan di luar DKI, kaya di Blitar, Kalimantan, dan NTT," tuturnya yang mewakili Mentri Kesehatan, dr Nila Djuwita.

Sekalipun di DKI diakui kondisinya belum sangat parah. Namun bila tak disikapi secara nyata, bukan tak mungkin kematian karena penyakit diare akan meningkat setiap tahunnya.

"Tanpa peran masyarakat, kerja kementrian dan pemda takan maksimal. Karena itu, kita butuh dukungan masyarakat sepenuhnya," tambahnya.

PILIHAN:

Gerindra Tuding PPSU Kumpulkan KTP untuk Ahok

Ahok Tak Masalahkan Usul DPR Soal Jalur Independen
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7886 seconds (0.1#10.140)