Katulampa Siaga Satu, Jakarta Diminta Waspada Banjir

Senin, 07 Maret 2016 - 23:24 WIB
Katulampa Siaga Satu,  Jakarta Diminta Waspada Banjir
Katulampa Siaga Satu, Jakarta Diminta Waspada Banjir
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta warga yang tinggal di bantaran Kali Ciliwung untuk waspada dengan banjir kiriman. Pasalnya, tinggi muka air di Bendung Katulampa, Bogor sudah mencapai 250 cm atau masuk kategori siaga I.

Berdasarkan pantauan Pusdalops BPBD DKI Jakarta, tinggi muka air di Bendung Katulampa terukur 200 cm pada Senin (7/3/2016) sekira pukul 22.00 WIB. "Ini menunjukkan level siaga 1 atau level tertinggi dalam peringatan dini banjir Jakarta. Bahkan pada pukul 22.20 WIB tinggi muka air Sungai Ciliwung mencapai 250 cm (Siaga 1). Kondisi masih hujan deras di bagian hulu," ungkap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam siaran pers yang diterima Sindonews, Senin (7/3/2016).

Sutopo menuturkan, diperkirakan 9 sampai 11 jam ke depan, permukiman di daerah-daerah di bantaran Kali Ciliwung berpotensi terendam banjir. Antisipasi wilayah aliran Kali Ciliwung yang berpotensi banjir antara lain, Srengseng Sawah, Pejaten Timur, Rawajati, Kalibata, Pengadegan, Cawang, Kebon Baru, Bukit Duri, Bidara Cina dan Kampung Melayu

"Meskipun tidak akan terjadi banjir besar karena sungai-sungai lainnya masih kondisi aman. Namun tetap perlu diwaspadai," jelasnya. Cepatnya kenaikan tinggi muka air sungai dari Siaga 3 menjadi Siaga 1 dalam kurun waktu kurang dari satu jam menunjukkan bahwa daerah aliran Kali Ciliwung sudah rusak.

"Sementara itu sungai-sungai yang lain secara umum kondisi masih normal pada pukul 22.00 WIB sehingga banjir besar tidak akan melanda Jakarta. Banjir hanya terjadi di daerah bantaran sungai yang sudah berkembang menjadi permukiman," tutupnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0495 seconds (0.1#10.140)