DKI Luncurkan Bus Sekolah untuk Penyandang Disabilitas

Rabu, 03 Februari 2016 - 00:29 WIB
DKI Luncurkan Bus Sekolah untuk Penyandang Disabilitas
DKI Luncurkan Bus Sekolah untuk Penyandang Disabilitas
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta meluncurkan bus sekolah yang diperuntukkan bagi siswa penyandang disabilitas. Rencananya seluruh panti disablitas akan disediakan satu unit bus.

Peluncuran bus sekolah untuk penyandang disabilitas ini dilakukan oleh Unit Pengelola Angkutan Sekolah (UPAS) Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta di Panti Sosial Bina Netra Cahaya Batin, Cawang, Jakarta Timur.

Kepala UPAS M Insaf mengatakan, bus sekolah bagi siswa disabilitas guna membantu siswa mencapai sekolah dengan mudah. Selama ini para siswa berkebutuhan khusus itu harus berdesakan untuk sampai di sekolah.

"UPAS tidak hanya melayani bus sekolah bagi siswa di sekolah umum negeri atau swasta, tapi juga bagi siswa yang tinggal di panti asuhan dan penyandang tunanetra," ujar Insaf di Panti Sosial Bina Netra Cahaya Batin, Cawang, Jakarta Timur, Selasa 2 Februari 2016 kemarin.

Insaf melanjutkan, di tiap panti nantinya akan ada satu armada bus. Kapasitasnya bisa mengangkut 22 siswa yang tinggal di panti.

"Kami sudah mulai beroperasi sejak Kamis pekan lalu. Nanti akan ada dua panti lagi di Ceger dan Tebet yang kami sediakan bus sekolah," tambahnya.

Soal pelayanan yang diberikan awak bus ini berbeda dengan bus sekolah pada umumnya. "Kami sudah komunikasi dengan awak bus, saat anak-anak masuk sampai keluar harus diperhatikan, cara duduknya juga," ucap Insaf.

Untuk membedakan dengan bus sekolah umum, pihaknya juga telah memasang label khusus untuk penyandang disabilitas. Khusus untuk bus sekolah di panti ini melayani rute Pondok Gede-Ranco dengan jadwal operasional pukul 05.30-07.00 WIB, 11.00-16.00 WIB, dan 17.00-18.30 WIB.

Sementara rute yang dilalui yakni SLBN 7 Cipinang, SMPN 50, dan SMAN 54.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5883 seconds (0.1#10.140)