Protes Metro Mini Dikandangkan, Sopir Lakukan Sweeping di Blok M

Sabtu, 19 Desember 2015 - 20:45 WIB
Protes Metro Mini Dikandangkan,...
Protes Metro Mini Dikandangkan, Sopir Lakukan Sweeping di Blok M
A A A
JAKARTA - Tidak hanya sopir Metro Mini T42 jurusan Pulogadung-Pondok Kopi yang melakukan aksi protes atas dikandangkannya ratusan Metro Mini oleh Dishubtrans DKI Jakarta, tapi juga sopir Metro Mini di Blok M, Jakarta Selatan. Mereka juga melakukan sweeping terhadap Metro Mini yang masih beroperasi.

"Ada 30 sopir Metro Mini tidak melakukan unjuk rasa atau sweping, mereka hanya mengimbau dan menginformasikan kepada para awak angkutan umum Metro Mini lainnya yang masih beroprasi untuk tidak mengangkut penumpang," kata Kasubag Humas Polres Jakarta Selatan AKP Purwanta di Jakarta, Sabtu (19/12/2015).

Aksi mogok tersebut, menurut Purwanta, adalah imbas razia Dishub DKI yang mengandangkan belasan Metro Mini lantaran tidak laik jalan ke pul Rawa Buaya, Jakarta Barat.

"Mereka enggak macem-macem cuma mogok narik saja. Tadi sempat ada yang mengompori (provokasi) namun sekarang sudah kondusif," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terminal, Dinas Perhubungan DKI Jakarta Anggiat Banjar Nahor membenarkan adanya aksi penurunan paksa penumpang. Kejadian itu, karena kebanyakan Metro Mini 610 yang tidak laiak jalan dikandangkan di Rawa Buaya, Jakarta Barat.

"Pengandangan itu kan sesuai perintah undang-undang. Demi keselamatan dan kenyamanan penumpang," tukasnya.

Bahkan untuk mengantisipasi adanya tindak provokasi, dia menambahkan, polisi dan Dishubtrans juga dibantu TNI.

"Antisipasi kami menggandeng TNI dan Polri. Nah salah satunya antisipasi kerawanan-kerawan provokator. Kami tetap sebagai aparat mengikuti perintah undang-undang kalau kendaraan tidak laiak jalan dan demi keselamatan kami stop operasinya," tandasnya.

PILIHAN:

Menhub Jonan Dinilai Plin-plan
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6615 seconds (0.1#10.140)