Ini Ciri-ciri Bangkai dan Ayam Tiren

Selasa, 15 Desember 2015 - 02:22 WIB
Ini Ciri-ciri Bangkai dan Ayam Tiren
Ini Ciri-ciri Bangkai dan Ayam Tiren
A A A
JAKARTA - Usai digerebek polisi, kini giliran Suku Dinas Kelautan Perikanan dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Timur mengecek gudang penyimpanan ayam tiren di Kampung Sumur, Kawasan Industri Pulogadung, Cakung, Jakarta Timur. Selain memantau, KPKP juga melakukan penyemprotan di area gudang tersebut.

Kasie Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Jakarta Timur, Faiza mengimbau agar masyarakat lebih teliti dalam membeli produk peternakan. Dia juga menjelaskan, secara detil ciri-ciri ayam yang telah menjadi bangkai.

"Ayam tiren itu tampak merah lantaran matinya tidak disembelih. Tapi mati karena sakit lantaran penyakit ataupun pada saat pengiriman. Tidak ada bekas sembelih di lehernya," kata Faiza di lokasi, Senin (14/12/2015).

Faiza menambahkan, ayam segar biasanya dihinggapi lalat sementara ayam tiren tidak karena mengandung zat pengawet kimia seperti formalin.

"Intinya masyarakat jangan tergiur dengan harga murah. Namun pilihlah ayam segar berkualitas. Karena jika memilih tiren kita tidak pernah tahu penyakit apa yang ada pada ayam dan bisa menular pada manusia," tutupnya.

PILIHAN:

Disoraki Guru, Puan Ungkap Alasan Ketidakhadiran Jokowi
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6798 seconds (0.1#10.140)