Serangan Ulat Bulu di Depok Bukan Hal Baru

Rabu, 02 Desember 2015 - 23:09 WIB
Serangan Ulat Bulu di Depok Bukan Hal Baru
Serangan Ulat Bulu di Depok Bukan Hal Baru
A A A
DEPOK - Wabah ulat bulu di RT005/8 Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Depok bukan yang pertama kali terjadi. Karena, pada tiga tahun yang lalu wabah hewan melata itu juga terjadi di wilayah tersebut.

"Sempat juga tiga tahun lalu muncul. Tetapi enggak sebanyak ini dan disemprot manual juga sudah hilang," kata warga setempat Devi, Rabu (2/12/2015).

Sudardjo, warga lainnya juga membenarkan hal itu. Meski demikian, kata dia, wabah ulat bulu tahun ini lebih banyak karena sudah menyebar keempat RT dan dua RW.

"Waktu itu musim hujan juga Desember sampai Januari memang musimnya muncul ulat bulu pas hujan begini. Tapi dulu enggak sebanyak ini, bisa hilang sendiri," ungkapnya.

Dia menambahkan, pihak Dinas Pertanian sudah melakukan penyemprotan di empang belakang warga. Namun ia mengakui memang ada perubahan pasca penyemprotan tersebut, wabah ulat bulu mulai berkurang meskipun masih muncul.

"Semua disemprot ini kan tadinya alang-alang tinggi. Menurut penelitian Distan ini disebabkan kemarau panjang, kena hujan dua tiga kali akhirnya muncul bibit-bibit kecil ulat. Lalu setelah hari kelima banyak bermunculan. Setelah disemprot, ulat bulu malah menyeberang ke wilayah lain," tuturnya.

PILIHAN:

Demo Mahasiswa Papua di HI Ricuh
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6344 seconds (0.1#10.140)