Ini Penyebab Penderita HIV/AIDS di Bekasi Bertambah

Rabu, 02 Desember 2015 - 02:37 WIB
Ini Penyebab Penderita HIV/AIDS di Bekasi Bertambah
Ini Penyebab Penderita HIV/AIDS di Bekasi Bertambah
A A A
BEKASI - Meningkatnya penderita HIV/AIDS di Kota Bekasi disebabkan beberapa hal. Di antaranya adalah tempat prostitusi yang ada di wilayah Kota Patriot itu, dan peredaran narkoba.

"Di Jawa Barat, Kabupaten Bekasi kota kedua terbesar dalam penularan HIV/AIDS," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Muharmansyah Boestari di Bekasi, Selasa 1 Desember 2015.

Menurut Boestari, bertambahnya jumlah penderita HIV/AIDS itu, akibat rendahnya pengetahuan masyarakat terkait penyakit mematikan tersebut. Penyebabnya, bisa melalui jarum suntik, homo seksual, dan heteroseksual.

Untuk itu, kata dia, Pemkab Bekasi terus mengembangkan klinik voluntary counseling dan testing yang tersebar di wilayah Kabupaten Bekasi. Hal itu guna menginformasi sekaligus memberikan pelayanan dan pengobatan rutin.

"Kami berharap angka ODHA (Ontario Dental Hygienists' Association) bisa berkurang di tahun depan," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi Anne Nur Chandani mengungkapkan, Dinas Kesehatan Kota Bekasi mendata jumlah pengidap HIV dari 1998 sampai awal tahun 2015 di kota ini berjumlah 3.124 orang.

Sedangkan jumlah pengidap AIDS berjumlah 1.110 orang. Penyumbang terbesar berasal dari Kecamatan Pondok Gede dan kedua di Kecamatan Jatisampurna.

"Di Kota Bekasi penularan penyakit HIV/AIDS lebih dominan disebabkan oleh penggunaan jarum suntik. Biasanya, satu jarum suntik itu dipakai beramai-ramai dengan temanya. Kebanyakanyan tertular dari narkotika," tuturnya.

PILIHAN:

Dicopot dari Jabatan, Lasro Sambangi Ahok
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6182 seconds (0.1#10.140)