Ini Penyebab Kampung Pulo Masih Kebanjiran

Senin, 09 November 2015 - 17:29 WIB
Ini Penyebab Kampung Pulo Masih Kebanjiran
Ini Penyebab Kampung Pulo Masih Kebanjiran
A A A
JAKARTA - Pemukiman padat Kampung Pulo kembali terendam banjir kendati proyek normalisasi Kali Ciliwung sudah berjalan sekitar tiga bulan. Penyebab banjir diduga dari gorong-gorong atau saluran air yang belum terpasang.

"Jadi gorong-gorong dan side drain untuk warga itu belum bisa kita lakukan karena urutan pekerjaan yang belum sampai ke situ. Jadi gak bisa karena begini, terus kita pindah ke gorong-gorong dulu dikerjakan," kata Agus Triwibowo, Project Manajer Kerja Sama Operasional (KSO) Adhi Karya - Jaya Konstruksi, Senin (9/11/2015).

Agus mengatakan banjir terjadi merupakan resiko pengerjaan proyek. Karena urutan dalam pekerjaan pihak kontraktor terlebih dahulu membangun tanggul saluran air, baru kemudian gorong-gorong atau side draine dan jalan inspeksi.

Agus menyebutkan seharusnya sejak Juni 2015 kemarin sudah mulai melaksanaka proyek namun karena ada kendala dalam pembebasan lahan akhirnya baru bisa terwujudkan pada bulan Agustus kemarin.

"Kalau mulai bulan Juni kemarin perkiraan selesai kemarin ya November akhir. Tapi karena tertunda dan kalau tiap sore sekarang hujan, perkiraan kita bisa Januari akhir baru selesai," tambahnya.

Nantinya jika proyek normalisasi kali Ciliwung sudah selesai, akan ada tanggul yang dilengkapi gorong-gorong, pintu dan juga pompa air. Saat air sungai meningkat, ada pompa yang berfungsi menyedot serta membuang air ke sungai.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6877 seconds (0.1#10.140)