Banyak Toilet Sekolah di Depok Kondisinya Memprihatinkan

Senin, 19 Oktober 2015 - 08:49 WIB
Banyak Toilet Sekolah di Depok Kondisinya Memprihatinkan
Banyak Toilet Sekolah di Depok Kondisinya Memprihatinkan
A A A
DEPOK - Keinginan agar pelajar di Depok bisa menjadi anak sehat seharusnya dibarengi dengan kondisi sekolah dan fasilitasnya dengan baik. Kenyataannya, untuk toilet sekolah saja banyak kondisinya yang memperihatinkan.

Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kota Depok, Sukanda mengatakan, pihaknya belum bisa mendata beberapa jumlah toilet sekolah yang kurang memenuhi syarat. Namun dikatakan, SD yang memenuhi syarat berada dibawah 50 persen. Sedangkan Sekolah Menengah Pertama (SMP) 60 persen, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) 70 persen.

"Kebanyakan toilet di SD yang tidak memenuhi syarat. Untuk tingkat SMA udah banyak yang memenuhi syarat," kata Sukanda, Senin (19/10/2015).

Di lingkungan SD sendiri diketahui hanya memiliki dua toilet untuk enam kelas. Bahkan toilet di SD kebanyakan bercampur atau tidak dipisah antara pria dan wanita. Selain itu tolet juga tidak dijaga oleh petugas kebersihan.

"Sekolah yang di Depok kebanyakan digabung, dan 6 kelas cuma dua toilet. Kalau di SD sarana dan prasarana juga kurang, makanya banyak toilet yang bau, dan kotor," paparnya.

Padahal, berdasarkan Permenkes 1429/Menkes/ SK/ XII/ 2006 Tentang Pedoman Penyelenggaran Kesehatan Lingkungan Sekolah menyebutkan beberapa point soal standarisasi kesehatan toilet. Mulai dari letak toilet harus terpisah dari ruang kelas, UKS, ruang guru, perpustakaan, ruang bimbingan dan konseling.

Kemudian, tersedia toilet yang terpisah antara laki-laki dan perempuan. Selanjutnya, proposi jumlah WC adalah satu WC untuk 40 siswa dan satu WC untuk 25 orang siswi. Keempat, Toilet harus dalam keadaan bersih. Kelima, Lantai toilet tidak ada genangan air.

Selain itu juga harus tersedia lubang penghawaan yang langsung berhubungan dengan udara luar serta bak penampung air harus tidak menjadi tempat perlindungan nyamuk.

"Kalau di sekolah elit 1 toilet untuk 20 siswa, tapi kalo pemerintah 40 siswa. Jadi idealnya 1 kelas itu ada 1 toilet," ujarnya.

PILIHAN:

Beredar Pesan Berantai, Bobotoh Tewas di Jalan Tol

Sorot Kekerasan Polisi Terhadap Jakmania, Jurnalis Diintimidasi
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8906 seconds (0.1#10.140)