PT KAI Sita Puluhan KTP Palsu di Stasiun Senen

Selasa, 14 Juli 2015 - 17:20 WIB
PT KAI Sita Puluhan KTP Palsu di Stasiun Senen
PT KAI Sita Puluhan KTP Palsu di Stasiun Senen
A A A
JAKARTA - Puluhan kartu tanda penduduk (KTP) palsu ditemukan petugas PT KAI Daops I Jakarta saat menggelar razia di Stasiun Senen, Jakarta Pusat. Diduga kuat KTP palsu ini dipergunakan para calo tiket kereta api.

Senior Manajer Pengamanan Daops I PT KAI Budiyanto menjelaskan, puluhan KTP palsu ini disita dari tangan para penumpang yang menjadi korban para calo tiket kereta api. Petugas curiga kepada sejumlah pemudik yang menujukkan kartu identitas.

"KTP produksi calo itu kan hanya di-scan saja. Jadi terlihat jelas perbedaan kertas dan tintanya," jelas Budiyanto kepada wartawan.
Untuk hari ini saja, Budiyanto mengungkapkan, telah menyita20 identitas palsu yang tidak sesuai dengan foto, nama, dan NIK.

"Ini dari pagi sampai jam segini sudah 20 identitas, jadi masih ada saja yang nekat untuk melakukan seperti ini," ungkapnya. Budiyanto menerangkan, modus yang dilakukan oleh para calo ini adalah saat penjualan online tiket kereta api, para calo mulai memasukkan nama secara sembarang dengan nomor identitas kependudukan (NIK) juga dengan sembarang.

"Misalnya sudah dapat 10 tiket, terus saya jual ke orang. Nah bagi yang minat, calonya ini akan memfoto pembeli terus di-scan (pindai). Jadi foto dengan NIK dan nama tidak sama," ujar Budiyanto saat ditemui di Stasiun Senen, Jakarta Pusat.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5076 seconds (0.1#10.140)