Pengamanan Lebaran, Istana Bogor dan Jalur Puncak Jadi Prioritas

Jum'at, 10 Juli 2015 - 02:32 WIB
Pengamanan Lebaran,...
Pengamanan Lebaran, Istana Bogor dan Jalur Puncak Jadi Prioritas
A A A
BOGOR - Sebanyak 3.000 personel kepolisian dan TNI akan diterjunkan untuk mengamankan wilayah Kota/Kabupaten Bogor selama mudik hingga libur Lebaran usai. Kawasan Istana Bogor dan Puncak menjadi prioritas pengamanan pada tahun ini.

Kapolres Bogor Kota AKBP Irsan mengatakan, pada tahun ini untuk pengamanan sejumlah objek vital seperti jalur mudik, terminal, pusat perbelanjaan, permukiman penduduk dan Istana Bogor akan diterjunkan sebanayk 1.260 personel kepolisian. "Untuk pengamanan wilayah Kota Bogor, kita fokuskan di kawasan Istana Bogor, pusat perbelanjaan serta sejumlah titik rawan macet yang tak jauh dari Istana di antaranya, Stasiun Bogor, Terminal Baranangsiang," kata Kapolres Bogor Kota AKBP Irsan usai apel gelar pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2015, Kamis 9 Juli 2015 kemarin.

Menurut Irsan, kepolisian lebih memprioritaskan Istana Bogor dalam pengamanan libur Lebaran tahun ini dikarenakan Presiden Joko Widodo akan banyak menghabiskan waktunya di Bogor. "Sehingga wajar dan sesuai protap yang ada pengamanan kita fokuskan di Istana Bogor," ungkapnya.

Terpisah, Danrem 061 Suryakanca/Siliwangi Bogor Kolonel Infanteri Fulad menambahkan, untuk personel TNI sebanyak 60 orang yang dikerahkan di sekitar Istana Bogor. "Lingkungan istana tentu menjadi tanggung jawab TNI. Situasinya tidak berbeda, namun kami hanya meningkatkan kewaspadaan saja dan nantinya kami tetap berkoordinasi dengan Paspamres dan kepolisian," ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Bogor AKBP Suyudi AS menuturkan, di Kabupaten Bogor sebanyak 1.700 personel akan diterjunkan untuk pengamanan mudik. "Seperti biasa pengamanan difokuskan di kawasan puncak seperti, Megamendung-Cisarua, Kabupaten Bogor yang setiap tahun memang sering terjadi konsentrasi warga dari berbagai daerah," ujarnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1043 seconds (0.1#10.140)