Bawa Uang Rp31 Juta, Wanita Tunarungu Tersesat di Gunung Salak

Jum'at, 03 Juli 2015 - 17:49 WIB
Bawa Uang Rp31 Juta, Wanita Tunarungu Tersesat di Gunung Salak
Bawa Uang Rp31 Juta, Wanita Tunarungu Tersesat di Gunung Salak
A A A
BOGOR - Seorang wanita tunarungu yang diperkirakan berusia 40 tahun ditemukan di kawasan kaki Gunung Salak, tepatnya di Desa/Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Kamis 2 Juli malam.

Ironisnya wanita yang juga tunawicara itu membawa tas berisi uang tunai Rp31,6 juta. Pasalnya, wanita tersebut ditemukan warga saat sedang duduk melamun di depan SMAN 1 Tamansari.

"Saya lihat dia terus mondar-mandir kelihatan bingung. Sebab hingga sore hari tak juga pergi. Saat ditanya ternyata tidak bisa bicara," ujar Rohman (34), warga Ciapus, Tamansari, Kabupaten Bogor, Jumat (3/7/2015).

Saat digeledah, wanita tersebut tidak membawa kartu identitas, dan hanya membawa dua buah tas. "Di dalam tas-nya saya lihat banyak uang pecahan Rp100 ribu. Khawatir terjadi sesuatu dan dirampok orang yang berniat jahat, kami langsung laporkan ke ketua RT setempat kemudian dibawa ke Polsek Tamansari," tuturnya.

Kapolsek Tamansari Iptu Sudin mengatakan, saat ditemukan warga, wanita tersebut tampak linglung dan tidak bisa diajak bicara oleh warga.

"Ia (wanita tunarungu) hanya pakai bahasa isyarat dan warga tidak mengerti. Akhirnya oleh warga dibawa ke Mapolsek Tamansari," katanya.

Satu tas berisi uang pecahan Rp100 ribu dan satu tas lagi pecahan uang Rp50 ribu. Ia menuturkan warga juga tidak mengenal siapa wanita tunarungu tersebut.

Adapun ciri-ciri dari wanita tersebut memiliki rambut panjang bergelombang sebahu, tinggi sekira 160 cm, kulit sawo matang dan mengenakan gelang emas di lengan kiri.

"Sampai saat ini ia masih sulit bicara, kalau kasih keterangan dia pakai bahasa isyarat. Pas ditanya rumahnya dimana dia sambil nunjuk-nunjuk, terus juga dia mengaku punya dua anak," tuturnya.

Hingga saat ini, pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait identitas dari wanita tunarungu tersebut dan dari mana uangnya berasal. Kini, wanita tersebut masih diamankan di Mapolsek Tamansari.

"Kami akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Bogor dan akan memanggil guru SLB untuk menggali informasi. Bagi ada keluarga yang merasa kehilangan anggota keluarganya untuk segera melapor ke kami," tukasnya.

PILIHAN:


Curhatan Sulitnya Penyandang Tunarungu Membuat SIM


Gadis Tunarungu Sukses Jadi Motivator
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6423 seconds (0.1#10.140)