Polisi Ringkus Komplotan Rampok Nasabah Bank Modus Ban Kempis

Kamis, 18 Juni 2015 - 15:17 WIB
Polisi Ringkus Komplotan Rampok Nasabah Bank Modus Ban Kempis
Polisi Ringkus Komplotan Rampok Nasabah Bank Modus Ban Kempis
A A A
JAKARTA - Komplotan perampok nasabah bank ditangkap tim Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Modus para pelaku dengan menggembosi ban mobil korban menggunakan paku yang terbuat dari besi payung.

Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Didik Sugiarto menjelaskan, para pelaku mengincar korban yang bertransaksi di bank-bank.

"Kelompok ini mengincar korban yang habis narik uang di bank kemudian diikuti," katanya di Jakarta, Kamis (18/6/2015).

Ada dua orang pelaku yang ditangkap polisi, yakni Kurniawan alias Iwan dan Iwan Setia. Sementara dua pelaku lainnya masih diburu.

Didik menjelaskan, para pelaku membagi-bagi perannya. Ada yang bertugas mengawasi calon target di bank dengan berpura-pura menjadi nasabah bank.

"Setelah sasaran keluar, yang di dalam memberitahu temannya yang di luar," ungkapnya.

Selanjutnya, dua pelaku lainnya yang di luar mengikuti mobil sasaran, disusul dua pelaku lainnya menggunakan motor. Di lampu merah, dua pelaku kemudian menempelkan paku yang terbuat dari besi payung yang ditempel di sepatunya ke ban mobil korban.

"Nanti pelaku lainnya memberitahu korban kalau bannya kempis," ujarnya.

Setelah korban berhenti untuk mengecek ban mobil, pelaku lainnya membuka pintu mobil korban dan mengambil tas berisi uang yang ada di dalam mobil.

Kanit V Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kompol Handik Zusen menambahkan, komplotan ini melakukan aksinya di wilayah Bekasi dan Tangerang.

"Terakhir mereka melakukan pencurian dengan modus gembos ban di Cipondoh, Tangerang pada tanggal 5 Juni. Korbannya saat itu kehilangan uang Rp50 juta," tegasnya.

Dari komplotan ini, polisi menyita barang bukti dua unit motor Satria FU sebagai alat kejahatan, dua unit handphone dan satu potong besi tajam kerangka payung yang sudah diruncingkan.

"Modus ini sering terjadi, untuk itu kami imbau masyarakat untuk waspada apalagi di bulan puasa ini mengingat modus ini biasanya dilakukan para pelaku kejahatan cenderung meningkat," pungkasnya.

PILIHAN:

Modus Ban Kempis, Begal Jalanan Bawa Kabur Rp45 Juta


Tiga Kali Beraksi, Pencuri Modus Ban Kempis Ini Babak Belur

Polisi Tangkap 5 Kelompok Kempis Ban
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6292 seconds (0.1#10.140)