Cegah Titipan Anak Pejabat, Pemkot Bogor Terapkan PPDB Online

Jum'at, 12 Juni 2015 - 08:23 WIB
Cegah Titipan Anak Pejabat, Pemkot Bogor Terapkan PPDB Online
Cegah Titipan Anak Pejabat, Pemkot Bogor Terapkan PPDB Online
A A A
BOGOR - Guna mencegah siswa titipan yang berasal dari kalangan pejabat, Pemkot Bogor kembali menerapkan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2015/2016 secara online.

Agar berjalan lancar dan tidak ada kendala saat diakses orangtua siswa seperti tahun sebelumnya, Pemkot Bogor menggandeng Pustekom PPDB online tahun ini.

"Sistem yang kami bangun dengan Pustekom sudah sangat maksimal. Layanan jaringan internet dan server yang ada, sudah sangat memadai, sehingga dijamin tidak ada kendala dan hambatan lagi," kata Kepala Dinas Pendidikan Edgar Suratman di Bogor, Kamis 11 Juni 2015.

Edgar mengimbau kepada orangtua siswa baik tingkat SD/SMP/SMA tidak perlu panik, anaknya tidak dapat melanjutkan ke jenjang lebih tinggi. Karena kuota untuk semua tingkatan sangat tercukupi. "Bahkan tahun ini banyak kelebihan bangku yang kosong. Jadi jangan panik," ujarnya.

Dia bahkan memberi dispensansi 10% kuota bagi anak tidak mampu dalam sistem online di tahun kedua penerapannya. "Kami akan lebih memprioritaskan siswa yang berprestasi, tidak mampu dan warga yang berdomisili di sekitar sekolah," tandasnya.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengaku, lebih sepakat dengan diprioritaskannya calon siswa yang memiliki prestasi.

"Saya lebih suka penerimaan secara transparan dan akuntabel dengan berpatokan pada prestasi dan nilai calon siswa baru. Kalau rayon, akan ada timbul kesenjangan," paparnya.

Saat ditanya sistem rayon dapat membantu kemacetan di Kota Bogor, karena siswa yang berdomisili dekat sekolah bisa dapat berjalan kaki.

"Untuk masalah kemacetan, pihaknya akan menyediakan bus sekolah atau kami akan maksimalkan bus Transpakuan. Kami juga akan intensif mengembok mobil antar siswa yang parkir di pinggir jalan," tandasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8318 seconds (0.1#10.140)