Cikal Bakal Museum Nasional atau Museum Gajah

Minggu, 07 Juni 2015 - 03:38 WIB
Cikal Bakal Museum Nasional atau Museum Gajah
Cikal Bakal Museum Nasional atau Museum Gajah
A A A
JAKARTA - Museum Nasional atau Museum Gajah begitu popular di telinga masyarakat. Namun, tak banyak yang mengetahui cikal bakal berdirinya museum ini.

Kepala Bidang Kemitraan dan Promosi Museum Nasional Indonesia Dedah R Sri Handari menceritakan, eksistensi Museum Nasional diawali dengan berdirinya suatu himpunan bernama Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen (BG) didirikan oleh Pemerintah Belanda pada 24 April 1778.

Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen (BG) merupakan lembaga independen yang didirikan untuk tujuan memajukan penetitian dalam bidang seni dan ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang-bidang ilmu biologi, fisika, arkeologi, kesusastraan, etnologi dan sejarah, serta menerbitkan hash penelitian. Lembaga ini mempunyai semboyan "Ten Nutte van het Algemeen" (Untuk Kepentingan Masyarakat Umum).

Salah seorang pendiri lembaga ini, yaitu JCM Radermacher, menyumbangkan sebuah rumah miliknya di Jalan Kalibesar, suatu kawasan perdagangan di Jakarta-Kota. Dia juga menyumbangkan sejumlah koleksi benda budaya dan buku yang amat berguna, sumbangan Radermacher inilah yang menjadi cikal bakal berdirinya museum dan perpustakaan.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4200 seconds (0.1#10.140)