Ini Kode Khusus Dalam Ijazah UI Asli Agar Sulit Dipalsukan

Sabtu, 06 Juni 2015 - 20:06 WIB
Ini Kode Khusus Dalam...
Ini Kode Khusus Dalam Ijazah UI Asli Agar Sulit Dipalsukan
A A A
DEPOK - Untuk mengantisipasi ijazahnya dipalsukan, pihak Universitas Indonesia (UI) menerapkan standar khusus dalam pencetakan. Bahkan, untuk ijazah sendiri ada pengamanan khusus yang hanya diketahui oleh pihak kampus.

Humas Universitas Indonesia, Rifelly Dewi Astuti menegaskan, untuk menghindari pemalsuan ijazah, pihaknya telah mengadakan pengamanan dalam mencetak ijazah.

Selain itu, dalam penerbitan ijazah sendiri, UI membatasi orang-orang yang dapat mengaksesnya. "Produksi ijazah dilakukan pusat di Direktorat Pendidikan sangat tertutup, dan hanya beberapa orang saja yang dapat mengaksesnya. Pada blanko ijazahnya pun ada pengamanan khusus," kata Riffely, Sabtu (6/6/2015).

Dalam pencetakan itu, Riffely menambahkan ijazah sengaja dicetak di percetakan negara dengan fitur pengaman tinggi. Namun memiliki ciri khas yang tidak dapat di palsukan salah satunya tanda tangan asli rektor.

"Kami juga memiliki kode tertentu dalam lembaran ijazahnya, sehingga tidak mungkin untuk dipalsukan," ungkapnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Aparat Polda Metro Jaya meringkus seorang pria bernama Alex alias ASS di kawasan Jakarta Pusat karena diduga terlibat pemalsuan ijazah perguruan tinggi terkemuka, salah satunya Universitas Indonesia (UI).
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0883 seconds (0.1#10.140)