Tanggulangi Banjir, Ini yang Akan Dilakukan DKI

Sabtu, 11 April 2015 - 01:23 WIB
Tanggulangi Banjir, Ini yang Akan Dilakukan DKI
Tanggulangi Banjir, Ini yang Akan Dilakukan DKI
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta pada tahun ini akan fokus pada pembuatan tanggul dan normalisasi kali. Ini dilakukan agar banjir di Ibu Kota dapat ditanggulangi.

Kepala Dinas Tata Air Agus Priyono menerangkan, dengan melimpahnya anggaran dalam pencegahan banjir tahun ini membuat pihaknya memprioritaskan pembuatan tanggul dan normalisasi. "Pekerjaan untuk tahun ini gabung dengan Kemenetrian, seperti di Kali Tanjungan-Kamal, dan perampuang Giant Sea Wall (GSW)," terang Agus saat dihubungi Sindonews, Jumat 10 April kemarin.

Menurut Agus, untuk di kali Tanjungan, nantinya fokus Kementerian Pekerjaan Umum pada pembuatan tanggul dan trase kali. Sedangkan Pemprov DKI akan terfokus pada pembangunan Waduk Kamal, terutama pembebasan lahannya.

Selain itu, lanjut Agus, Kementerian PU juga akan membangun tanggul mulai dari kawasan Marunda hingga Bekasi. Agus menuturkan, Pemprov DKI juga akan mengerjakan tanggul atau National Capital Integrated Coastal Development (NCCID), yang masuk dalam GSW di daerah Luar Batang dan Cilincing, Jakarta Utara.

Selain itu, beberapa wilayah yang menjadi langganan banjir rob, seperti Muara Angke dan Muara Baru juga tak luput dari perhatian. "Total ada sepanjang 32 kilometer dari garis bibir pantai yang akan ditanggul oleh DKI dengan dana senilai Rp1,6 triliun. Ini dilakukan untuk mengatasi banjir rob," ujarnya.

Selain melakukan pembuatan tanggul, normalisasi sungai, khususnya di daerah Grogol, Jakarta Barat juga akan dilakukan.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9279 seconds (0.1#10.140)