Kuota Bangku SMP dan SMA di Tangerang Terbatas

Jum'at, 06 Juni 2014 - 18:12 WIB
Kuota Bangku SMP dan SMA di Tangerang Terbatas
Kuota Bangku SMP dan SMA di Tangerang Terbatas
A A A
TANGERANG - Kuota bangku SMP dan SMA Negeri di Kota Tangerang untuk tahun ajaran 2014 terbatas. Akibatnya, lulusan SD dan SMP yang ada tidak bisa tertampung seluruhnya.

Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang, jumlah lulusan tingkat SMP dari sekolah negeri dan swasta tahun ini ada sebanyak 24.716 murid. Namun, kuota bangku untuk SMA/SMK negeri sekitar 6.000 murid dari jumlah sekolah 15 SMA dan 9 SMK.

Jumlah lulusan dari SD Negeri dan swasta ada 30.920 murid. Sementara SMP negeri hanya bisa menerima 9.000 murid, dengan jumlah sekolah sebanyak 24 SMP.

"Jumlah lulusanya memang tidak sebanding dengan jumlah sekolah negeri yang tersedia, sehingga siswa SD yang hendak melanjutkan ke SMP Negeri atau siswa SMP yang melanjutkan ke SMA Negeri harus bersaing agar bisa diterima," kata Sekretaris Dindik Kota Tangerang Masyati Yulia, Jumat (6/6/2014).

Meski daya tampung terbatas, kata dia, para siswa bisa tetap melanjutkan sekolahnya ke SMP, SMA atau SMK swasta yang jumlahnya sangat banyak. Berdasarkan data, jumlah SMP swasta sebanyak 209 sekolah, SMA 86 sekolah dan SMK 102 sekolah.

"Jadi masyarakat tidak perlu khawatir, calon siswa bisa tetap melanjutkan ke sekolah swasta. Kualitasnya bagus-bagus dan bagi siswa yang tidak mampu, biaya sekolah juga sudah ditanggung dengan program Tangerang Cerdas yang sudah dianggarkan oleh Pemkot Tangerang sekitar Rp80 miliar," katanya.

Selain itu, kata Masyanti, seleksi penerimaan siswa baru tahun ini agak berbeda, yakni dengan sistem domisili. Nantinya, sekitar 30 persen dari kuota bangku di sekolah negeri diprioritaskan untuk warga yang terdekat dari sekolah.

"Dan sekitar lima persen diprioritaskan untuk siswa berprestasi dalam olimpiade sains di tingkat nasional dan provinsi," katanya

Adapun jadwal seleksi siswa baru tahap domisili untuk TK dan SD tanggal 19 Juni-5 Juli, untuk SMP, SMA dan SMK tanggal 23-25 Juni. Sedangkan seleksi tahap online dan umum, untuk SMP pada 3-5 Juli, SMA dan SMK pada 30 Juni-2 Juli.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4159 seconds (0.1#10.140)