Atasi gangguan, KCJ pasang 2 CCTV

Senin, 14 April 2014 - 23:35 WIB
Atasi gangguan, KCJ pasang 2 CCTV
Atasi gangguan, KCJ pasang 2 CCTV
A A A
Sindonews.com - Perjalanan kereta yang kerap terjadi membuat PT PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) memasang dua closed-circuit television (CCTV) depan dan belakang di atas badan kereta. Pemasangan itu untuk meminimalisir terjadinya kekacauan saat perjalanan kereta api.

"Saat ini belum semua rangkaian dilengkapi CCTV tapi diharapkan dengan pemasangan CCTV bisa meminimalisir terjadinya gangguan perjalanan," kata Manajer komunikasi PT KCJ Eva Chairunisa, Senin (14/4/2014).

Dia juga menuturkan, gangguan kereta commuter line selama ini akibat alat yang dinamakan kontak strip. Alat ini merupakan alat paling ujung mempertemukan pantopgraf dengan kawat listrik. Jika kontak strip tipis ada kemungkinan pantograf bisa mati.

"Kemarin kita periksa kontak stripnya masih tebal," katanya.

Maka itu, dia membantah, jika dikatakan pihaknya tidak bekerja secara maksimal. Karena, kata dia, tim Listrik Aliran Atas (LAA) dan tim Konstruksi Jalan dan Jembatan sudah melakukan pengecekan terhadap pantograf yang mengalami kerusakan.

"Jadi petugas LAA kami juga bukan tidak bekerja, setiap hari pasti ada saja benda asing yang diamankan. Memang idealnya perlintasan kereta harus steril dari benda benda yang bisa mengganggu perjalanan," katanya.

Seperti diketahui, dalam seminggu perjalanan kereta api selalu mengalami gangguan. Seperti pada Jumat 4 April 2014, Senin 7 April 2014 dan terakhir Minggu 13 April 2014.

Akibatnya sejumlah perjalanan harus tertunda, selain itu karena adanya gangguan perjalanan, terjadi juga penumpukan penumpang di beberapa stasiun.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4763 seconds (0.1#10.140)