Tanggul Jebol, Luapan Sungai Citarum Rendam Dua Desa

Senin, 14 November 2016 - 14:47 WIB
Tanggul Jebol, Luapan Sungai Citarum Rendam Dua Desa
Tanggul Jebol, Luapan Sungai Citarum Rendam Dua Desa
A A A
BEKASI - Akibat tanggul Sungai Citarum, Bekasi Jebol membuat dua desa, yakni Desa Pantai Mekar dan Pantai Bahagia di Kecamatan Muara Gembong terendam. Ratusan warga yang terkena dampak luapan sungai Citarum diungsikan di masjid dan kantor desa.

Kepala Desa Pantai Bakti, Suwinta mengatakan, tanggul jebol berada di RT 02, 03, dan 04. "Ada 400 kepala keluarga di desa kami yang terkena banjir," katanya kepada wartawan, Senin (14/11/2016).

Sebagian besar warga mengungsi ke kantor desa, masjid, dan rumah warga yang tidak kebanjiran. Hingga saat ini, lanjut dia, warga masih menunggu bantuan dari pemerintah daerah dan pihak swasta.

Suwinta mengtakan, saat ini warga sangat membutuhkan air mineral, sembako, selimut, pembalut dan pampers. ”Kita sudah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bekasi terkait insiden ini,” ungkapnya.

Warga Muaragembong bernama Yusuf Maulana (30) menambahkan, banjir juga menerjang dua desa lainnya di daerah setempat. Dua desa itu adalah Desa Pantai Mekar dan Pantai Bahagia. ”Kedua desa itu juga terkena genangan, tapi yang paling parah di Desa Pantai Bakti karena lokasi jebolnya ada di sana,” katanya.

Yusuf mengungkapkan, Desa Pantai Bakti wilayah yang paling parah karena dekat dengan aliran Sungai Citarum. Hal ini diperparah dengan tanggul darurat yang tak kuat menahan derasnya air kiriman dari hulu. ”Sekarang air masih meluap, tapi berangsur mulai surut,” ungkapnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3713 seconds (0.1#10.140)