Gerhana Matahari, Perilaku Macan Tutul di Ragunan Jadi Aneh

Rabu, 09 Maret 2016 - 12:47 WIB
Gerhana Matahari, Perilaku Macan Tutul di Ragunan Jadi Aneh
Gerhana Matahari, Perilaku Macan Tutul di Ragunan Jadi Aneh
A A A
JAKARTA - Adanya Gerhana Matahari Total (GMT) yang melintas di ibukota Jakarta ini membuat sejumlah satwa di Taman Margasatwa Ragunan (TMR) mengalami perubahan perilaku. Sejumlah Macan Tutul yang ada di TMR memilih tidur kembali karena hari kembali gelap.

Kepala Dokter Hewan TMR drh. Syafri Edwar mengatakan, berdasarkan hasil observasi, selain primata monyet, kera, dan jenis burung, terdapat perubahan perilaku biologis pada macan tutul. Perubahan perilaku itu terjadi lantaran hewan tersebut tampak sedikit kaget menyaksikan perubahan terang menjadi gelap tersebut. (Baca: Bocah Ini Menilai Penampakan Gerhana Matahari Seperti Batu Akik Ayahnya)

"Sebelum GMT, Macan Tutul ini beraktivitas seperti biasa. Tapi saat ada GMT, dia menunjukan perubahan perilaku biologisnya. Dia sempat kebingungan dahulu hingga akhirnya dia masuk (kandang) lagi dan memilih tidur," ujarnya pada wartawan, Rabu (9/3/2016).

Sementara itu, Humas TMR Wahyudi Bambang menyebutkan, sejak pagi hari, TMR sudah dibanjiri pengunjung hingga puluhan ribu orang. Umumnya, pengunjung datang untuk ikut melaksanakan salat Sunah Gerhana di TMR.

"Bukan itu saja, pengunjung pun ingin menyaksikan perubahan perilaku satwa pula. Disini begitu ramai, pengunjung sudah mendekati 50 ribu orang. Kemungkinan akan terus bertambah hingga sore nanti. Apalagi ini bertepatan dengan hari libur nasional," pungkasnya.

PILIHAN:

Ahok: Baru Jadi Anggota DPR Jangan Belagulah

DPR: Ahok Jangan Ajak Semua Orang Indonesia Berantem
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3080 seconds (0.1#10.140)