3 Sejarah yang Ada di Bekasi, dari Masa Kerajaan hingga Penjajahan

Rabu, 18 Januari 2023 - 19:31 WIB
loading...
3 Sejarah yang Ada di Bekasi, dari Masa Kerajaan hingga Penjajahan
Bekasi merupakan salah satu kota dan kabupaten di Jawa Barat. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Bekasi merupakan salah satu kota dan kabupaten di Jawa Barat . Bekasi yang dulu sempat bernama Dayeuh Sundasembawa atau Jayagiri memiliki perjalanan sejarahnya sendiri.

Tak heran bila wilayah ini memiliki beberapa tempat bersejarah. Diketahui bahwa Bekasi tempo dulu merupakan bekas kerajaan Tarumanegara.

Wilayah Bekasi juga tercatat sebagai daerah yang banyak memberi informasi tentang keberadaan Tatar Sunda pada masa lampau.

Baca juga : Mengenal Asal Usul Daerah Rawalumbu Bekasi

Faktanya di Bekasi ditemukan empat prasasti yang dikenal dengan nama Prasasti Kebantenan. Keempat prasasti ini merupakan keputusan (piteket) dari Sri Baduga Maharaja (Prabu Siliwangi, Jayadewa 1482-1521 M) yang ditulis dalam lima lembar lempeng tembaga.

Berikut 3 sejarah yang terjadi di Bekasi :

1. Menjadi wilayah ibu kota kerajaan tarumanegara

Menurut laman Pemerintah Kota Bekasi, Dayeuh Sundasembawa atau Jayagiri adalah sebutan Bekasi tempo dulu sebagai ibukota Kerajaan Tarumanegara tahun 358 hingga 669.

Bekasi dijadikan wilayah kekuasaan Kerajaan Tarumanegara karena merupakan salah satu daerah strategis sebagai penghubung antara Pelabuhan Sunda Kelapa.

Hal tersebut terjadi sejak abad ke 5 Masehi pada masa Kerajaan Tarumanegara, abad ke 8 Kerajaan Galuh, dan Kerajaan Padjajaran pada abad ke 14.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1277 seconds (0.1#10.140)