Pj Gubernur DKI Didesak Buka Kembali Pelabuhan KCN Marunda

Jum'at, 13 Januari 2023 - 00:32 WIB
loading...
Pj Gubernur DKI Didesak Buka Kembali Pelabuhan KCN Marunda
Asosiasi Pengguna Jasa Pelabuhan (Penjaspel) Marunda mendesak Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono membuka kembali Terminal Umum Pelabuhan KCN yang ditutup sejak Juni 2022.Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Puluhan orang dari Asosiasi Pengguna Jasa Pelabuhan (Penjaspel) Marunda mendatangi Balai Kota DKI Jakarta. Mereka mendesak Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono membuka kembali Terminal Umum Pelabuhan PT Karya Citra Nusantara (KCN) yang ditutup sejak Juni 2022.

Puluhan orang ini berasal dari Perhimpunan Buruh Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM),sopir truk, dan para pekerja Pelabuhan Marunda. Dalam orasinya, massa mengaku sudah tak bekerja sejak tujuh bulan semenjak Pelabuhan KCN ditutup.

"Pak Gubernur, Bapak pernah jadi Wali Kota Jakarta Utara untuk cari makan, kita sudah 7 bulan tidak bekerja. Mohon PT KCN dibuka kembali biar kami bisa bekerja," kata orator di lokasi, Kamis (12/1/2023).

Koordinator Penjaspel Fudyanpo Kamin menegaskan, Penjaspel telah mengantongi bukti kajian ilmiah bahwa Kegiatan bongkar muat di Pelabuhan KCN tidak menyebabkan pencemaran debu batubara.

Ironinya, setelah pencabutan izin lingkungan KCN yang konon dikarenakan kegiatan bongkar muat batubara di Pelabuhan KCN, justru masyarakat sekitar masih terdampak polusi pencemaran debu batubara, padahal KCN sudah lama tidak beroperasi.

“Ini memperkuat dugaan kami kalau KCN tidak lebih dari korban salah tangkap dari Dinas LH DKI,” katanya. Baca: Setelah PT KCN, Pemprov DKI Sanksi 2 Perusahaan Terkait Pencemaran di Marunda

Senada dengan Fudy, perwakilan Penjaspel, Munif menyatakan sudah menduga dari awal bahwa Pelabuhan KCN merupakan korban dari kebijakan Dinas LH Jakarta yang dilakukan secara sembrono dan ugal-ugalan dalam prosedur, tanpa adanya kajian ilmiah yang rinci tentang dari mana sumber pencemaran debu batubara berasal dan tidak memikirkan dampaknya bagi kepentingan masyarakat banyak.

“Dampak penutupan Pelabuhan KCN adalah ribuan orang jadi pengangguran, antrean sandar kapal meningkat pesat, waktu bongkar muat jadi lama, kemacetan parah di Marunda, truk-truk jadi lambat ritasenya, biaya logistik naik tinggi tapi pencemaran udara di Marunda makin parah," ujarnya.

"Kami berharap Pemprov DKI Jakarta bisa memahami derita masyarakat kecil. Kami akan terus berdemo sampai Pelabuhan KCN dibuka kembali seluruhnya,” ucapnya.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1731 seconds (0.1#10.140)