Pemkab Kepulauan Seribu Bangun 2 SPALD Senilai Rp34 Miliar

Sabtu, 07 Januari 2023 - 08:35 WIB
loading...
Pemkab Kepulauan Seribu Bangun 2 SPALD Senilai Rp34 Miliar
Pemkab Kepulauan Seribu membangun Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik (SPALD) di Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu.Foto/MPI/Johanes Tobing
A A A
JAKARTA - Pemkab Kepulauan Seribu membangun Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik (SPALD) di Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu. SPALD ini dibangun sebagai antisipasi kontaminasi penyakit di dalam air limbah domestik.

Kepala Seksi Air Bersih dan Air Limbah Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Kabupaten Kepulauan Seribu Rezky Arie Pranata mengatakan, SPALD yang telah rampung dikerjakan tersebut berlokasi di dua Rukun Warga (RW) yaitu, SPALD Zona 3 di RW 01 dan SPALD Zona 4 di RW 03 Pulau Kelapa.

"Pembangunan SPALD ini menggunakan APBD DKI Jakarta sebesar Rp34 miliar," kata Rezky pada Sabtu (7/1/2023).
Rinciannya, pembangunan SPALD Zona 3 sebesar Rp18 miliar, dan Zona 4 Rp16 miliar. Menurut dia, SPALD Zona 3 terkoneksi ke 337 sambung rumah (SR), dan Zona 4 terkoneksi kepada 300 SR.

"SPALD Zona 3 memiliki kapasitas 350m3/detik dan Zona 4 kapasitas 250m3/detik," ujarnya. Adapun tujuan terbangunnya SPALD ini untuk menciptakan lingkungan yang sehat, terhindar dari kontaminasi penyakit yang berada di dalam air limbah domestik serta menjaga kualitas air tanah dan laut.

Lurah Pulau Kelapa, Muslim menambahkan, keberadaan SPALD ini sangat bermanfaat bagi warga setempat maupun para wisatawan. Hal ini merupakan jaminan mendapatkan air yang bersih dan lingkungan sehat.

"SPALD ini kegunaan dan manfaatnya sangat baik sekali. Nantinya warga akan mendapatkan air bersih dari air limba yang di kerjakan ke rumah tangga atau rumah warga, sebab ini mengarah kepada warga untuk menuju sehat nantinya," ucapnya.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1702 seconds (0.1#10.140)