Heboh Pengurangan Wifi Gratis, Diskominfotik DKI: Menyesuaikan Nilai APBD 2023

Selasa, 03 Januari 2023 - 14:42 WIB
loading...
Heboh Pengurangan Wifi Gratis, Diskominfotik DKI: Menyesuaikan Nilai APBD 2023
Pemprov DKI melalui Diskominfotik menjelaskan adanya penyesuaian titik layanan dengan nilai APBD 2023 yang telah ditetapkan untuk JakWifi. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) menjelaskan adanya penyesuaian titik layanan dengan nilai APBD 2023 yang telah ditetapkan untuk JakWifi . Hal itu menjawab tudingan yang dilayangkan Eks Anggota Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) era Anies Baswedan, Tatak Ujiyati terkait berhentinya layanan JakWifi di sejumlah wilayah Jakarta.

Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Kominfotik DKI Jakarta Raides Aryanto menjelaskan, tadinya dalam satu RW terdapat tiga layanan JakWifi dengan penyesuaian anggaran masing-masing hanya satu.

"Titik JakWifi itu menyesuaikan dengan anggaran yang sudah ditetapkan," kata Raides kepada awak media di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (3/1/2023).

"Artinya karena pengurangan anggaran, jadi kuantiti berkurang. Seharusnya misal di tiap RW ada tiga, kita tetap pertahankan ada akses poin internet di masing-masing RW, minimal satu," imbuhnya.

Raides mengatakan, usulan APBD 2023 Diskominfotik mengusulkan 3.500 titik layanan JakWifi. Namun, pada finalisasi anggaran hanya 1.263 titik layanan.

"Dari usulan anggaran kita itu 3.500 titik, sesuai dengan tahun lalu itu, pas finalisasi anggaran akhirnya ditetapkan angkanya sehingga terjadi penurunan. Akhirnya 1.263 titik," ucap Raides.

Lebih lanjut, Raides menyebut, anggaran 1.263 titik layanan JakWifi mencapai Rp56 miliar. Adapun nilai itu hasil rasionalisasi dari pengajuan senilai Rp174 miliar.

"Rp174 miliar (diajukan anggaran JakWifi) yang dirasionalisasi jadi Rp56 miliar. Rp56 miliar untuk 1.263 titik," tuturnya.

Sebelumnya, mantan anggota TGUPP era Anies Baswedan,TatakUjiyatimenuding Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memotong anggaran JakWifi yang merupakan layanan internet gratis untuk masyarakat Jakarta.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2782 seconds (0.1#10.140)