Ini Sisa Makam Pangeran Kuningan di Gedung Telkom

Minggu, 05 April 2015 - 06:13 WIB
Ini Sisa Makam Pangeran Kuningan di Gedung Telkom
Ini Sisa Makam Pangeran Kuningan di Gedung Telkom
A A A
Di balik perannya dalam sejarah Jakarta, jejak Pangeran Kuningan yang bernama asli Adipati Awangga mulai hilang ditelan pembangunan. Kini, keturunan dan warga sekitar Kuningan, Jakarta Selatan hanya tahu kalau di dalam komplek Gedung Telkom Landmark Tower terdapat makam seorang pangeran.

Beberapa waktu lalu, Sindonews coba menelusuri jejak Pangeran Kuningan atau Adipati Awangga. Sayangnya, makam Pangeran Kuning benar-benar sudah tak terlihat. Hanya prasasti putih saja yang menandakan bahwa disini beristirahat seorang pangeran.

Marmer putih itu bertuliskan "Di sini istirahat sepanjang masa, Pangeran Kuningan (Pangeran Jayakarta), 1449-1579". Kendati prasasti itu hanya seukuran kantong semen, namun pengelola Gedung telkom tak berani mengusiknya.

"Ini makam memang di anggap keramat. Pengelola gedung pun tidak berani membongkar makam tersebut. Padahal gedung ini sedang di bangun," ujar security Gedung Telkom Septian (20) saat berbincang dengan Sindonews, di Gedung Telkom, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis 2 April 2015.

Menurut Septian, sejatinya, marmer putih yang letaknya berdempetan dengan bagian belakang gedung tersebut, merupakan simbol kalau Pangeran Kuningan tinggal dan wafat di Kuningan, Jakarta. Sedang makamnya, dia pun tidak mengetahui letak pasti sang Pangeran dikuburkan.

"Ini sebenarnya simbol saja. Sebab, saya pun tidak tahu, Pangeran ini di kuburnya di sebelah mana. Ada yang bilang lokasinya di lobby Gedung, ada yang bilang di sampingan lagi. Tapi, yang jelas memang Pangeran di kubur di sekitaran sini," tuturnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3533 seconds (0.1#10.140)