Jelang Malam Tahun Baru, Tol Jagorawi dan Tol Dalam Kota Macet Panjang

Jum'at, 30 Desember 2022 - 23:08 WIB
loading...
Jelang Malam Tahun Baru, Tol Jagorawi dan Tol Dalam Kota Macet Panjang
Arus lalu lintas di Tol Jagorawi tepatnya di Kilometer 6 mengalami kemacetan. Foto: MPI/Muhammad Farhan
A A A
JAKARTA - Menjelang perayaan malam Tahun Baru 2023 di penghujung akhir Desember 2022, sejumlah ruas lalu lintas di Tol Jagorawi (Jakarta-Bogor-Ciawi) terpantau padat. Khususnya di Kilometer 6 Tol Jagorawi, Jumat (30/12/2022) malam.

Ramainya kepergian masyarakat melalui jalur tol ini muncul setelah Presiden Jokowi mengumumkan pencabutan status Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Indonesia.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari informasi Lalu Lintas jalan Tol Jasamarga, kepadatan tersebut dimulai dari arah Kampung Rambutan, Jakarta Timur.

"Untuk di ruas Tol Jagorawi, kepadatan ada di sekitaran pertemuan Kampung Rambutan saja. Sisanya lancar," ujar petugas call center Jagorawi Ahmad kepada MNC Portal Indonesia (MPI).

Selain di Tol Jagorawi sekitaran Kampung Rambutan, arus lalu lintas tol dalam kota yang mengalami kepadatan, terpantau di ruas tol arah Kuningan menuju Tebet. Sementara di Cawang mengarah ke Pluit, terpantau lancar.



"Untuk tol dalam kota, Cawang arah Pluit masih lancar. Sementara yang terpantau padat ada ruas tol pertemuan Kuningan menuju Tebet," jelas Ahmad.

Sebagai informasi, operator jalan Tol Jasa Marga mencatat pada H+2 Natal jumlah kendaraan yang kembali ke Jabodetabek hampir tembus setengah juta, atau tepatnya 490 ribu kendaraan yang masuk Jabodetabek melalui Gerbang Tol Jasamarga.

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (dari arah Merak), GT Ciawi (dari arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (dari arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (dari arah Bandung).

Total volume lalin yang kembali wilayah Jabotabek ini naik 13,11 % jika dibandingkan lalin normal periode Juni 2022 dengan total 433.398 kendaraan. Jika dibandingkan dengan periode Nataru 2021, total volume lalin ini naik 14,05%, dengan total 429.817 kendaraan.

Sementara jika dibandingkan dengan prediksi volume lalin Nataru 2022 pada periode yang sama, total volume lalin tersebut naik sebesar 3,47% dengan total 473.750 kendaraan.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2014 seconds (0.1#10.140)